Kamis, 28 Januari 2016

Ahli Dan Pakar Seo Awang-Awang

Penobatan di awang-awang mastah online sebagai ahli seo, pakar seo, master seo, konsultan seo, dewa seo, guru seo, pendekar seo sakti mantraguna hanyalah sebuah labelisasi semu yang diciptakan para pekerja dan pemerhati seo di dunia awang-awang internet. Lalu, apakah memang ada ahli seo dan pakar seo itu? Sayapun tidak tahu, karena saya bukan bahagian dari orang yang berkompeten untuk memberikan penilaian dan menentukan seorang itu ahli dan pakar seo atau tidak.


Mastah seo yang budiman, kalau kita cari tahu melalui mesin pencari dengan mengetikan keyword: “ahli seo” dan/atau “pakar seo”, maka akan secara jelas kita dapat melihat nama-nama orang berikut dengan websitenya sebagai ahli dan pakar seo, terlebih-lebih coba perhatikan secara serius nama-nama yang menduduki halaman teratas (pertama). Apakah mereka yang menduduki ranking 1 sampai dengan ranking 10 sudah 100% positif sebagai ahli dan pakar seo? Dan apakah mereka-mereka yang hanya mendapatkan posisi 11 sampai dengan seterusnya tidak layak untuk dinobatkan sebagai ahli dan pakar seo? Nah, disinilah sangat dibutuhkan ketelitian dan analisa kita untuk menyatakan seseorang itu sebagai ahli dan pakar seo online di internet.

Dalam dunia awang-awang internet, banyak faktor penentu sebuah artikel dan website bisa lenggang kangkung menduduki posisi halaman pertama mesin pencari, faktor penentu yang lazim dipergunakan orang adalah dengan cara seo. Secara harfiah, seo itu sendiri dibagi menjadi 2 bagian yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan, yaitu: seo on page dan off page. Disini kami tidak akan membahas lebih jauh tentang apa dan bagaimana seo on page dan off page tersebut digunakan pada sebuah website untuk bisa menduduki posisi halaman pertama ataupun setidak-tidak bisa menduduki posisi terbaik dan top rank seo google, maupun di yahoo, bing, yandex atau yang lainnya.

Secara singkat saja, seo on page ± adalah pengoptimalan isi dan onderdil mesin website dari tubuh dalam website itu sendiri. Misalnya memperbaiki header (h1, h2, h3) dan deskripsi website, struktur html, penggunaan plug in tools yang menunjang kinerja seo, tag, isi konten, alt gambar, template, pembuatan halaman statis, dan masih banyak lagi deh tekniknya. Kemudian seo off page ± adalah pengoptimalan kinerja seo on page yang sudah kita susun sebelumnya melalui promosi link website ke berbagai website yang lain, misalnya ke facebook, twitter, sahabat blogger, forum, social bookmarking dan lain sebagainya. Tujuannya apa? Ya, untuk mendapatkan backlink dari website tersebut ke website kita, dengan begitu mesin pencari akan mencatat dalam buku besarnya jumlah backlink yang dimiliki oleh website kita. Backlink inilah sebagai doping yang memberikan banyak tenaga super ekstra untuk mendorong daya gebrak seo on page. Tapi, jangan lupa agar daya gebrak seo on page dan off page tersebut makin dasyat agar website sesegera mungkin didaftarkan (submit) ke webmastertools yang telah disediakan oleh masing-masing mesin pencari.

Nah, bila semua telah terpenuhi dan berjalan lancar, maka website kita akan memiliki kelebihan dibandingkan dengan website lainnya, misalnya dalam hal page ranking alexa dan global, jumlah link internal dan eksternal, score seo, speed loading, keyword-keyword yang masuk, umur website, domain, dan masih banyak lagi hal-hal yang turut mempengaruhi baik tidaknya seo sebuah website yang sudah lama online.

Oleh karena itu, tidak perlu heran atau tercengang bila kata kunci ahli dan pakar seo dipososi 10 besar pada halaman google diperoleh mereka, karena memang banyak faktor pendukung yang telah dimiliki dalam tubuh website mereka. Jadi wajarlah lebih unggul. Apakah bisa posisi mereka tergusur? Ya, bisalah mastah. Asalkan seo on page dan seo off page anda pergunakan sesuai dengan standar dan kualitas tos yang ditetapkan oleh masing-masing mesin pencari. Inilah rahasianya untuk bisa meraih ranking 1 dalam target kata kunci ahli dan pakar seo.

Sebagai perbandingannya, coba ambil contoh peraih posisi ranking 1 atau 2 dengan ranking 11 dan atau 21. Analisa teknik seo yang mereka pergunakan, pasti sama dan sebangun. Lalu kok posisi tidak sama bro, ya coba analisa terus tentang jumlah backlink internal dan eksternal, kemudian angka ranking alexa, page speednya, umur website, score seo-nya, dll, siapa yang paling unggul? Ya, mereka-mereka yang duduk di posisi halaman pertama. Jadi jangan mimpi kali ye, anda bisa menduduki posisi halaman untuk keyword ahli dan pakar seo bila posisi kinerja seo on page dan off page anda masih minimum atau masih dibawah rata-rata. Makanya genjot terus seo mu, dan tunjukkan kemampuan bahwa anda bisa.

Sebenarnya untuk keyword-keyword andalan dan masuk dalam kategori kelas berat, seperti frasa ahli seo dan atau pakar seo bisa masuk posisi halaman 5 sampai dengan 10 (ranking 50 sampai dengan 100) saja sudah syukur alhamdulilah, karena ketatnya persaingan. Dan menurut saya dengan pencapaian seperti itu, anda sudah dapat dikategorikan sebagai ahli dan pakar seo dengan kondisi kredibilitas website yang anda pergunakan untuk menaklukan keyword tersebut. Dengan kata lain website lawan kita masih lebih unggul, dan itu harus kita akui secara jujur dan terbuka.

Kami juga menyadari, bahwa untuk saat ini sangatlah mustahil keyword ahli dan pakar seo bisa kami taklukan, karena memang website ini masih dibawah standar untuk bisa bersaing dengan website-website besar (raksasa) yang telah memiliki segudang kelebihan dibandingkan dengan website odong-odong miliki kami ini. Umur website saja masih 4 bulan, dan backlink internal maupun eksternal masih tak memadai, page ranking global saja belum terdeteksi, gimana bisa menduduki posisi nomor 1 di halaman google. Ya memang mustahillah untuk saat ini, tapi mudah-mudahan minimal artikel yang kami buah ini masih tercatat dibuku besarnya tuan google, mau di halaman berapapun ditempatkan bagi kami tidak masalah, yang terpenting teknik seo yang kami pergunakan sudah sesuai dengan standar dan kualitas seo website yang baik. Itu saja sudah cukup bagi kami dan website ini.

Sebenarnya, berapa persenkah porsi yang harus diterapkan dalam penggunaan seo on page dan off page? Kalau untuk pertanyaan ini, jawabannya terserah anda, yang terpenting perbanyak isi konten website anda, karena menurut pendapat para ahli dan pakar seo bahwa konten adalah raja seo. Jadi untuk bisa meraih prestasi gemilang menduduki halaman pertama google, ya perbanyak konten anda, baik berupa gambar, artikel tulisan maupun video-video yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca yang menggunakan internet, khususnya untuk diri anda sendiri. Karena dengan adanya isi konten yang berkualitas ini, maka kedepannya frasa ahli dan pakar seo dapat segera anda nikmati.

Masbro, kenapa sih konten itu sangat dibutuhkan dalam ilmu seo? Konten, khususnya berupa artikel dipergunakan oleh mesin pencari untuk mengarahkan dan atau menunjukkan bagi siapa saja yang saat itu sedang mencari informasi melalu internet. Singkatnya begini, ketika anda mencari informasi mengenai ahli, pakar seo maka mesin pencari milik google akan menunjukkan seluruh konten baik berupar artikel tulisan, gambar maupun video yang berhubungan dengan kata ahli dan pakar seo milik beberapa website. Nah, dengan konten inilah berperan sebagai stimulus atau doping untuk mendatangkan visitor atau audiens ke website anda. Dengan semakin banyaknya konten yang anda buat, maka secara otomatis akan meningkatkan jumlah internal link nantinya yang akan masuk ke website/blog anda.

Tapi yang menjadi wejangan kita bersama, bahwa membuat sebuah konten berkualitas, sangat bermanfaat, menari, unik, apalagi sampai membuat penasaran pembaca, tentu sulit, karenanya tidak ada salahnya untuk belajar agar nantinya sangat berguna bagi kelanjutan pengembangan website/blog anda kedepannya, apalagi bila anda mengejar target menjadi ahli dan pakar seo yang profesional.

Seputar Tips Singkat Tentang Seo

Berikut ini, akan kami simpulkan tips singkat tentang seo (search engine optimazation), sebagai penutup artikel tulisan tentang ahli dan pakar seo, dimana penjelasannya sebagai berikut:
  1. Konten artikel yang anda buat tidak boleh hasil contekan dari website lain, dan panjang tulisan yang anda buat kalau bisa minimal 1500 karakter kata, yang juga memuat gambar ataupun video yang dikolaborasikan dengan menggunakan tag dan alt gambar. Jangan lupa pula agar menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah untuk dimengerti oleh para pembaca.
  2. Template jangan diganti, karena bila anda mengganti template maka struktur seo on page yang telah anda atur sebelumnya harus anda atur kembali, seperti script struktur html, pengaturan halaman statis yang jadi berantakan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, mesin pencaripun akan melakukan indeks ulang terhadap seluruh isi konten dan halaman website anda, yang hal ini akan berakibat secara otomatis pada jumlah trafik visitor yang turun drastis. Yang rugikan anda juga.
  3. Agar terus belajar memahami seo dan bila perlu agar jangan untuk bertanya kepada sahabat blogger yang lebih paham dalam urusan optimasi seo yang sesuai dengan standar dan kualitas seo.
  4. Giat dan rajin berbagi link ke website tetangga dan juga ke media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, google+, forum-forum, social bookmarking untuk mendapatkan beragam backlink ke website anda.
  5. Submit ke webmastertools milik seluruh mesin pencari, agar mempercepat indeks yang akan dilakukan oleh google, bing, yahoo, yandex dan lain sebagainya, dengan demikian ketika anda membuat konten berupa artikel akan seketika itu juga dibaca oleh mesin pencari. Maka dengan cepat pula para visitor dapat dengan melihat dan mengetahuinya, sehingga berniat untuk membaca artikel yang baru saja anda tulis.

Nah, hal-hal yang kami sampaikan secara singkat diatas, nantinya dapat menjadi andalan utama anda dan website/blog yang anda miliki untuk bisa memenangkan persaingan terhadap pelacakan dan perayapan atas kata kunci tertentu di posisi halaman utama (pejwan) mesin pencari, misalnya google. Dengan begitu tidak mustahil predikat ahli seo, pakar seo, master seo, konsultan seo, dewa seo, guru seo, pendekar seo sakti mantraguna dapat sesegera mungkin anda gondol. Tak percaya, ya sudah.

Ok mastah sahabat seo, semoga artikel tulisan seo tentang: "ahli dan pakar seo awang-awang" ini, ada gunanya bagi pembaca yang arif dan budiman, dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Siapa ahli dan pakar seo sesungguhnya, ya anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar