Rabu, 27 Januari 2016

Panduan Singkat Bisnis Mobil Travel

Sebelum memulai bisnis mobil travel, perlu kiranya ada panduan khusus yang bisa memberikan arahan singkat, tepat dan padat akan prospek masa depan dalam memulai usaha mobil travel (sering disebut dengan mobil rental/sewa). Panduan ini juga tidak hanya berkutat di seputar lingkup teknik penyediaan fasilitas, seperti kantor, armada mobil travel saja, tetapi juga bagaimana cara kita membaca pangsa pasar global akan kebutuhan mobil travel ini, sehingga dengan demikian dapat memberikan nilai keuntungan usaha yang relatif besar dari bisnis mobil travel. Apalagi tingkat kebutuhan akan mobil travel saat ini sangat meningkat dibarengi dengan kondisi dunia pariwisata Indonesia yang dimotori oleh para pebisnis travel agent dan tour operator juga mulai bergairah.

Dalam laju perkembangan bisnis mobil travel di Indonesia, salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan adalah mengenai “konsep kerja”. Karena dengan adanya konsep kerja ini, maka gambaran akan layanan yang akan diberikan kedepannya lebih fokus dan detail, misalnya bisnis mobil travel yang akan kita buka adalah memberikan pelayanan pada para pelanggan dengan cara mengantarkan atau menjemput para pelanggan dari satu tempat ke tempat lain dan sebaliknya. Tentu saja bisnis mobil travel seperti ini mempunyai nilai lebih (plus) bila dibandingkan dengan bisnis transportasi darat jenis lainnya (misalnya kereta api, angkutan umum dalam dan luar kota, dsb). Kelebihan dari konsep kerja seperti ini adalah terletak dari layanan (service) yang diberikan kepada pelanggan berupa antar dan atau jemput dari rumah ke tempat tujuan dan sebaliknya, sehingga lebih efisien dari segi ketepatan waktu.

Kalau bisa, dalam usaha layanan kerja dari mobil travel anda ini, anda bisa menetapkan rute perjalanan andalan yang menjadi trademark dari bisnis mobil travel anda, misalnya dengan membuka rute khusus layanan mobil travel surabaya malang dan atau sebaliknya, dengan tetap memberikan layanan jemput antar dari rumah ke tempat tujuan para pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan terbiasa bila akan melakukan perjalanan ke kota Surabaya dan Malang akan mengingat usaha bisnis mobil travel yang anda miliki.

Dalam memulai suatu bisnis apapun itu, tidak terlepas dari yang namanya modal. Tidak terkecuali dalam usaha bisnis mobil travel, sedikit banyaknya membutuhkan modal usaha yang boleh kami katakan cukup besar, sehingga banyak orang mengatakan bahwa bisnis mobil travel adalah “bisnis mahal”. Kenapa bisnis mahal? Ya, coba anda bayangkan modal yang dibutuhkan untuk menyiapkan 2 atau 3 unit armada mobil travel saja membutuhkan uang hingga ratusan juta rupiah, belum lagi untuk kebutuhan penyediaan kantor, gaji karyawan, pasang iklan, dan lain sebagainya. Jadi wajar saja kalau dikatakan bisnis mobil travel adalah bisnis mahal.

Terlepas dari kontroversi apakah mahal atau tidaknya modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha mobil travel ini, faktor pendukung lainnya yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah mengenai tempat ngetem atau lokasi mangkal. Nah, masalah lokasi mangkal ini, anda harus mengupayakan tempat-tempat yang strategis seperti di area kampus, perkantoran, perumahan pada penduduk dan atau bisa juga daerah satelit perkotaan (dekat dengan ibukota daerah). Pokoknya semua tempat yang berkategorikan pada penduduk dan daerah yang aktifitas keramaiannya cukup tinggi.

Nah, panduan masalah modal dan lokasi sudah kita bahas diatas, sekarang adalah mengenai armada mobil travel yang harus disediakan berapa unit dan jenisnya apa-apa saja, misalnya jenis MPV, Innova, Xenia, Avanza, Mini Bus, dsb. Dalam urusan menyediakan mobil travel ini, maka sangat dibutuhkan kecerdasan dan kepintaran anda dalam memilih mobil, sehingga tidak merasa tertipu tentang harga (bila mobil second). Tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan kapasitas penumpang yang bisa diangkut didalamnya.

Setiap usaha, apalagi yang sudah mulai berkembang tentu saja akan membutuhkan karyawan. Dalam bisnis mobil travel, anda cukup menyediakan 2 jenis karyawan, yaitu karyawan yang bertugas sebagai sopir (sesuaikan dengan jumlah armada) dan karyawan yang bertugas untuk masalah perawatan mobil travel. Disini juga dibutuhkan kepiawaian anda untuk selektif memilih karyawan, apakah memang mempunyai kapasitas dan berkompeten dengan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya, punya loyalitas tinggi, serta terhindari dari hal-hal masa training karyawan baru.


Cara Dan Panduan Singkat Tepat Padat Memulai Usaha Bisnis Mobil Travel Dan Rental

Salah satu panduan yang menjadi faktor kesuksesan bisnis adalah orientasi pada keberhasilan menguasai pasar, karena itu bentuklah team pemasaran yang ulet, tangguh dan pekerja keras untuk bisa memperkenalkan bisnis usaha mobil travel anda. Penggunaan strategi marketing modern harus juga anda lakukan untuk lebih memaksimalkan pemasaran. Misalnya dengan pasang iklan (koran, majalah), membuat spanduk, kartu nama, souvenir (misalnya gantungan kunci), poster, stiker, dan bila perlu membuat pamflet dan baliho. Seiring dengan tingginya penggunaan internet oleh masyarakat, maka tidak ada salahnya agar anda membuat website khusus tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis mobil travel anda, misalnya harga rental, unit armada mobil, rute perjalanan, kontak pesan mobil rental, dan lain sebagainya. Dengan adanya website ini sedikit banyaknya usaha bisnis mobil travel anda akan lebih profesional, bonafit dan layak dipercaya.

Tiap usaha yang dilakoni tentu tidak terlepas dari adanya resiko usaha, karena itu strategi untuk meminimalisir timbulnya resiko bisnis mobil travel adalah skala prioritas yang harus terus menjadi pertimbangan. Apalagi pada saat kondisi pasar lagi lesu tentu usaha akan mengalami kerugian karena target tidak tercapai. Belum lagi hal-hal yang lain yang mungkin saja bisa terjadi menimpa usaha bisnis mobil rental anda, seperti hilangnya kendaraan, terjadinya penipuan, kerusakan dan juga terjadi kecelakaan lalu lintas dijalan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya supir yang benar-benar dapat di percaya dan mempunyai kapasitas lisensi SIM, mendata pelanggan dengan baik, rinci dan detail, menggunakan sistem administrasi usaha anda layaknya perusahaan yang sudah berskala besar, mendaftarkan armada mobil travel anda pada jasa asuransi yang terpercaya.

Ingat, bisnis usaha mobil travel telah menjamur, yang mengakibatkan persaingan bisnis juga sangat ketat, belum lagi motivasi dan orientasi orang menyewa mobil travel sangat beragam, tak hanya sekedar untuk keperluan pariwisata, melainkan juga buat keperluan bisnis dan kadang sekadar gengsi, bonafit dan juga prestise. Karena itu prospek usaha mobil travel masih dilirik orang untuk dijadikan unit usahanya yang baru, karena masih memberikan peluang bisnis yang menjanjikan kedepannya.

Disamping itu, tren penggunaan strategi pemasaran yang mulai marak menggunakan 'internet marketing' tak boleh dianggap remeh. Lihat saja para pengusaha yang bergerak di bidang jasa penyewaan mobil ini sudah ramai-ramai memasarkan jasanya di facebook, twitter, whatsapp, instagram, telegram, line, dan channel youtube. Belum lagi pergeseran membuat satu website apakah sebagai microsite office atau berkomunitas dalam sebuah marketplace penyewaan mobil, juga merupakan bagian dari strategi untuk menguasai internet marketing dalam menjangkau konsumen/pelanggan.

Dalam sorotan kami, ada satu market place yang lagi gencar melakukan promosi agar semakin dikenal oleh para pencari rental mobil. Market place dimaksud adalah Remo Rental Mobil yang merupakan tempat penyewaan mobil dengan tarif per  jam, sangat mudah dan murah bagi siapa saja. Marketplace remo rental ini, berkantor pusat di Pati, Jawa Tengah. Jadi, daripada mobil anda nganggur di garasi, mending disewakan melalui marketplace remorental agar bisa di sewa oleh para penggunaan mobil sewa.

Demikian artikel dari team agen online web ini, yaitu tulisan tentang: panduan singkat tentang cara memulai usaha bisnis mobil travel dan rental, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar