Pilkada atau pemilu telah dimaknai
sebagai satu peluang bisnis online bidang spesialis SEO (Search Engine
Optimization) digital marketing. Kok bisa !!! Hal ini berhubungan dengan adanya
pesan-pesan yang harus disampaikan ke publik oleh para kandidat dan atau bakal
calon (balon) kepala daerah tentang segala sesuatu yang menjadi pemikirannya dalam
hal membangun suatu daerah apabila dia terpilih menjadi kepala daerah melalui
pesta demokrasi pilkada dan/atau pemilu. Nah, pesan-pesan inilah yang sering
disebut dengan pesan politik yang dibungkus dalam “visi dan misi si calon”,
yang bahasa kerennya adalah “kampanye
politik”, yang mana pesan tersebut harus disampaikan ke publik (masyarakat
pemilih), apakah menggunakan media online/daring ataupun media offline/during.
Tidak hanya, para kandidat dan/atau
bakal calon kepala daerah saja yang menyampaikan pesan-pesan politik dimaksud,
partai politik atau parpol juga tidak mau ketinggalan mengambil peran strategis
untuk menyampaikan pesan politik-nya sampai dan diterima dengan baik oleh para
konstituen (rakyat si pemilik hak suara). Partai politik sebagai partai
pengusung si calon kepala daerah tentu agar bermain habis-habisan agar calon
yang diusung dan diunggulkannya bisa meraih suara terbanyak dan terpilih
sebagai kepala daerah yang baru untuk masa jabatan 5 (lima) tahun berikutnya.