Pilkada atau pemilu telah dimaknai
sebagai satu peluang bisnis online bidang spesialis SEO (Search Engine
Optimization) digital marketing. Kok bisa !!! Hal ini berhubungan dengan adanya
pesan-pesan yang harus disampaikan ke publik oleh para kandidat dan atau bakal
calon (balon) kepala daerah tentang segala sesuatu yang menjadi pemikirannya dalam
hal membangun suatu daerah apabila dia terpilih menjadi kepala daerah melalui
pesta demokrasi pilkada dan/atau pemilu. Nah, pesan-pesan inilah yang sering
disebut dengan pesan politik yang dibungkus dalam “visi dan misi si calon”,
yang bahasa kerennya adalah “kampanye
politik”, yang mana pesan tersebut harus disampaikan ke publik (masyarakat
pemilih), apakah menggunakan media online/daring ataupun media offline/during.
Tidak hanya, para kandidat dan/atau
bakal calon kepala daerah saja yang menyampaikan pesan-pesan politik dimaksud,
partai politik atau parpol juga tidak mau ketinggalan mengambil peran strategis
untuk menyampaikan pesan politik-nya sampai dan diterima dengan baik oleh para
konstituen (rakyat si pemilik hak suara). Partai politik sebagai partai
pengusung si calon kepala daerah tentu agar bermain habis-habisan agar calon
yang diusung dan diunggulkannya bisa meraih suara terbanyak dan terpilih
sebagai kepala daerah yang baru untuk masa jabatan 5 (lima) tahun berikutnya.
Secara faktual, penyampaian pesan
politik dalam pesta demokrasi pilkada/pemilu dapat dilakukan dalam sistem 2
(dua) kanal, yaitu melalui kanal offline/during dan juga kanal online/daring.
Melalui penggunaan kanal offline/during ini, penyampaian pesan politik (apakah
itu merupakan sosialisasi maupun kampanye) dapat dilakukan dengan membuat
poster, pamflet, baliho, umbul-umbul, stiker, mug, cangkir, spanduk, selebaran,
pertemuan tatap muka yang sifatnya terbatas, dan lain sebagainya. Sedangkan
bila penyampaian pesan politik dimaksud adalah melalui penggunaan kanal
online/daring, tentu menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi dan
telekomunikasi (tik), misalnya seperti website, blog, jejaring media sosial dan
penggunaan media-media massa lainnya yang dapat diakses dengan menggunakan
internet media.
Dalam bahasan topik ini, penulis
hanya membatasi penulisan tentang penyampaian pesan politik sosialisasi dan
atau kampanye yang hanya menggunakan medium luar ruangan, yaitu internet. Nah,
sebagaimana diketahui bersama bahwa para pengguna internet dikuartal ketiga ini
mengalami perkembangan yang sangat pesat, dimana kecenderungannya adalah
menggunakan internet mobile via berbagai jenis smartphone canggih. Tentu saja,
karena begitu tumbuh suburnya para pengguna internet ini, maka persaingan di
dunia digitalpun sudah semakin ketat dan sangat berat. Coba kita banyangkan,
berapa banyak situs yang ada di Indonesia ini? Dan apakah semua situs tersebut
memiliki keunggulan di persaingan halaman mesin browser internet? Disinilah
letak manfaat dan fungsi seo tersebut, agar mampu bersaing dengan
website-website yang sama-sama menggunakan kata kunci target unggulannya.
Khusus dalam event pilkada atau
pemilu, tentu saja seo sangat bermanfaat untuk bisa mengangkat popularitas diri
seseorang sebagai calon kepala daerah, sehingga sedikit banyaknya akan dapat
memengaruhi audien untuk memilih dirinya.
Riwayat Tren Penggunaan Kampanye Online
Sebenarnya,
konsep penggunaan kampanye politik online/daring maupun sosialisasi politik memanfaatkan
digital
marketing pada pelaksanaan pilkada atau pemilu di Indonesia, misalnya pemilihan gubernur, bupati dan atau walikota
beserta dengan wakilnya telah ramai digunakan sejak tahun 2004 lalu, kemudian
semakin ramai digunakan pada tahun 2009 dan 2014 lalu.
Memang, dalam
hal sosialisasi dan atau kampanye pilkada/pemilu yang berkategori kampanye kreatif
ini memerlukan biaya yang cukup besar dan sebahagian ada yang menunjukkan
kedigjayaannya. Nah, karena begitu besarnya peluang dan juga prospek omzet dari
adanya konsep kampanye kreatif ini, mengakibatkan menjamurnya usaha/bisnis
dadakan yang spesialis untuk sosialisasi dan atau kampanye politik online/daring
pada setiap adanya ajang pesta demokrasi Pilgubsu, Pileg dan Pilpres di
Indonesia.
Usaha/bisnis
dimaksud sering disebut dengan bisnis “Digital
Marketing”, yaitu sebuah bisnis yang menawarkan adanya keahlian dan atau kemampuan
untuk mencari konsep sosialisasi atau kampanye online yang kreatif, efektif,
tepat sasaran ke masyarakat pemilih. Konsep para pelaku bisnis bidang digital
marketing ini, jelas memanfaatkan teknologi digital tercanggih, terbaru dan
kekinian, yang dalam bahasa kerennya sering disebut dengan nama “e-Campaign” atau
“Internet Campaign” dan juga “Mobile Campaign”.
Pada prinsipnya,
baik itu “e-Campaign” atau “Internet Campaign” dan juga “Mobile Campaign”
adalah mengutamakan pemanfaatan mesin pencarian dengan menggunakan pola dan atau
konsep jasa sosialisasi digital atau jasa kampanye digital yang diaplikasikan dalam
bentuk:
Mengelola,
mencari dan memanajemen setiap berita-berita yang terbit melalui internet, nah
bila diperlukan menenggelamkan berbagai berita negatif yang merugikan si calon,
mendorong munculnya berita positif untuk tampil di halaman pertama google
dengan cara memaksimalkan penggunaan teknik optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang tepat dengan menggunakan tenaga
yang memiliki kemampuan sebagai “ahli seo Indonesia”, pakar seo Indonesia, master seo Indonesia, Konsultan seo
Indonesia dan atau praktisi SEO Indonesia;
Melakukan
kegiatan sosialisasi dan atau kampanye di internet dengan menggunakan teknik SEM
(Search Engine Marketing), berupa membuat
atau menerbitkan iklan berbayar di google, facebook, twitter, instagram, path,
BBM, line, whatsapp, dan lain sebagainya, setelah terlebih dahulu melakukan
research secara komprehensif terhadap seluruh penggunaan kata-kata kunci target
utama yang akan selanjutnya akan dikelola secara maksimal sebagai materi iklan
ataupun banner, berdasarkan keywords yang lazim diketik para pengguna internet menggunakan
berbagai mesin pencari dan jejaring media sosial;
Melakukan
sosialisasi dan atau kampanye politik di berbagai sosial media yang tepat
sasaran, misalnya dengan merumuskan pemilihan konten dan waktu yang tepat untuk
bersosialisasi memperkenalkan si calon;
Melakukan
sosialisasi dan atau kampanye politik kreatif dengan video yang berdurasi pendek,
serta pemilihan konten yang tepat setelah melakukan research sebelum
memproduksi video tersebut;
Membangun karakter
dan juga mengisi berbagai konten pada website/situs dan media sosial, serta
secara berkala mencek dan mengukur tingkat kunjungan pengunjung dan respon dari
pihak manajemen;
Melakukan Online
Reputation Management (ORM);
Dan teknik-teknik
lainnya;
Tetapi semua hal
diatas didiskusikan dalam satu meja, sehingga kesimpulan penggunaan strategi sosialisasi
atau kampanye yang efektif dan terarah adalah harus sesuai dengan aturan yang
telah ditentukan hukum yang berhubungan dengan pemilu/pilkada dan juga yang
diatur oleh KPU/KIP (Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilu) dan juga
BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu), misalnya melalui PKPU (Peraturan Komisi
Pemilihan Umum) dan PERBAWASLU (Peraturan Badan Pengawas Pemilu).
Dengan demikian,
keberadaan team di media center atau posko pemenangan, khususnya team internet marketer
harus mampu bekerja menangani aplikasi pada pos melakukan sosialisasi ataupun kampanye
di internet, team akun pada channel yang tepat untuk dikelola, berjiwa sebagai aktivis
jejaring sosial media, merupakan pakar gadget dan pengelola berbagai komunitas
online di Indonesia yang bekerja secara simultan, komprehensif dan berdedikasi
tinggi untuk melakukan pekerjaan optimasi Search Engine Optimization dan Social
Media Optimization. Tidak hanya sekedar membuat akun atau meniru hasil karya
yang dilakukan orang lain, kemudian mengirim atau mention sana sini, membuat banyak
akun bodong, bayar followers palsu dan beli likes dengan harga murah meriah. Karena
memiliki akun abal-abal hanya akan membuat sosialisasi atau kampanye yang
dilakukan adalah kepada konstituen atau rakyat pemilu bodong. Murah meriah
tentu tidak akan membuahkan hasil maksimal seperti yang diharapkan.
Oleh karena itu,
dalam hal penggunaan jasa otimasi seo agar bisa masuk dalam halaman pertama
google, maka jalan satu-satunya adalah dengan mencari relawan, simpatisan
ataupun tim sukses yang benar-benar sebagai “ahli strategi sosialisasi online” dan atau “ahli strategi kampanye online” yang memiliki beragam konsep, pola
yang tepat sasaran, matang, ideal untuk dipergunakan sebagai salah satu taktik
dan strategi yang tepat dan dinamis untuk dapat bersaing di halaman mesin
pencarian google online, mulai dari seleksi pemilihan nama akun, tampilan untuk
tampil di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci yang ramai digunakan pengguna
search engine, hingga berbagai konten kreatif digital lainnya (baik tulisan,
gambar dan video) yang kemudian akan disajikan dengan sukarela untuk dibagikan
oleh banyak pengguna media sosial. Dengan begitu, sangat jelas sosialisasi atau
kampanye politik online yang dilakukan terarah dan tepat sasaran yang berujung
pada menang-nya calon kepala daerah yang bersangkutan.
Cara Pesan Politik Pilkada Muncul
Di Halaman Satu Google
Secara teori SEO dan praktek SEO, cara agar suatu pesan politik di
ajang pemilu atau pilkada agar bisa muncul atau menduduki posisi halaman satu
google, adalah dengan menggunakan teknik optimasi SEO ONPAGE dan juga SEO
OFFPAGE, yang pada intinya dapat dijelaskan sebagai berikut:
A. SEO OnPage
Penggunaan SEO onpage adalah langkah pertama yang harus dilakukan
setelah tersedianya sebuah website, dimana SEO onpage dioptimalkan dengan:
Pergunakanlah tag untuk keyword tertarget yang menjadi sasaran anda.
Sedangkan untuk deskripsi website, silahkan untuk diisi hal-hal yang
berhubungan dengan keyword anda (contoh pada website kami ini, kami mengisinya
dengan kata-kata: “Agen Tour Travel, Rental Mobil, Agen Jual Tiket Online, Jasa Cargo Barang Dan Jenazah, Jasa SEO Friendly, Jasa Review Produk, Bisnis Wirausaha, Jasa Pasang Iklan”). Dan terakhir untuk urusan
keyword, agar mencantumkannya didalam setiap artikel konten yang anda buat.
Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang anda pakai, disesuaikan dengan
kebutuhan isi konten yang berhubungan dengan penyampaian visi dan misi
sosialisasi atau kampanye yang akan dilakukan, misalnya menggunakan emphasize
(seperti memberi bold, italic, atau underline).
Pergunakanlah alamat URL yang 100% SEO friendly, dan mohon agar hindari
menggunakan parameter lain. Sisipkan keyword andalan utama anda di dalam sebuah
link url yang anda buat, sebagai contoh adalah url link website ini http://silarangonline.blogspot.com/2015/11/jasa-online-bantuan-hukum-perkara-kasus.html dan sebagainya. Nah coba
perhatikan, antara alamat situs dengan alamat link artikel ada kesesuaian,
dimana kedua-duanya terdapat kata: “ONLINE”, yang mana kata ONLINE ini dapat menjadi
kata kunci utama tertarget untuk berpeluang sangat besar bisa mengantarkan
artikel yang kami tulis ini menuju ke halaman pertama (page
one) seluruh mesin
pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi
nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ONLINE” adalah
kata kunci utama dari website/blog ini.
Optimasikan judul blog (title tag, baik di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6)
dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai kata judul
H1 => “AGEN TRAVEL JASA ONLINE”,
namun perlu diingat bahwa title tag judul diatas tidak boleh melebihi jumlah 70
karakter dan meta description tidak lebih dari 160 karakter (kalaupun lebih
maka akan otomatis dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah
kata-kata yang menjadi keyword-keyword tertarget anda pada 160 karakter
pertama).
Pilihlah domain yang bisa memakai www, http dan atau tanpa memakai www,
http karena secara prinsip mesin pencari akan menganggap bahwasanya domain-domain
tersebut adalah berbeda. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun risau, karena hal
tersebut dapat disiasati dengan menggunakan teknik redirect
301.
Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca
anda, khususnya untuk robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon
hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file
tersebut. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah
raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang bermutu, berkualitas,
bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
Bila anda telah mahir, segerala kompres halaman website/blog anda
menggunakan .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css,
javascript, dan gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda,
karena hal tersebut adalah juga salah satu penilaian apakah SEO telah optimal
atau tidak.
Terakhir, jangan lupa untuk membuat link media sosial di website/blog
anda, untuk mempermudah promosi web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah
satu startegi yang baik untuk link building.
B. SEO OffPage
Setelah kita memahami tentang pemanfaatan SEO OnPage dalam rangka
menempatkan pesan sosialisasi atau kampanye politik online agar bisa muncul di
halaman satu google, maka kita lanjut pembahasan tentang bagaimana caranya
menggunakan SEO OffPage, karena baik SEO OnPage dan juga SEO OffPage adalah merupakan
serangkaian kegiatan optimasi SEO website yang harus dilakukan secara
menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Karena itu, tetap
pelajari apa yang diuraikan dalam penjelasan SEO On Page diatas, agar nantinya
dapat dikolaborasikan kedua bahagian seo tersebut, agar hasil yang dicapaipun
lebih optimal karena saling sokong menyokong.
Tutorial tentang SEO memang telah menjadi tranding topik di media
internet online yang sangat ramai dibicarakan audiens, mengingat efeknya yang
sangat luar biasa dasyat-nya dalam upaya untuk mengembangkan teknik internet
marketing modern yang berwawasan pasar global melalui pencatatan di halaman
mesin pencarian, seperti google, bing, yandex dan yahoo. Karena itu, kalau
boleh kami mengatakan: “SEO tak ada
matinya”.
Satu kunci rahasia agar pesan politik pilkada atau pemilu bisa berhasil
adalah dengan mengembangkan teknik seo pada website anda, serta pemahaman atas
seluruh optimasi yang sudah dikerjakan tim di media center, meskipun terkadang membutuhkan
waktu yang sedikit lebih panjang. Yang terpenting adalah, website anda tidak
mengalami error akibat terjadi kesalahan dan atau optimasi yang sangat
berlebihan. Ibarat manusia, bila diberikan beban untuk mengangkat sesuatu yang
tidak sesuai dengan kekuatan tenaga yang dimilikinya, sudah pasti jatuh.
Demikian juga dengan SEO yang dioptimasi ke dalam sebuah website/blog, apabila
terlalu berlebihan, sudah bisa dipastikan akan kolaps, dan bahayanya bila sampai
terdeteksi oleh mesin pencari (search engine), maka akan menurunkan nilai daya
saing SEO website anda sendiri dimata google.
SEO Off Page, secara umum pengertian-nya dimaknai sebagai optimasi dari
luar website/blog dalam rangka untuk membangun dan mencari link
(sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website anda (link building), tapi ingat
utamakan link dofollow yang berkualitas dan terbaik. Lalu, dengan cara apa dan
bagaimana? Penjelasan sebagai berikut:
Menyebarkan Link di Social
Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management System (CMS) yang anda pergunakan, baik
Blogspot, WordPress, atau yang lainnya, telah support dan menyediakan beberapa
social bookmark bisa anda pakai dalam mempromosikan website dari luar. Ada
beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet bloggermania, antara
lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social Bookmark sangat
bermanfaat pembaruan posting isi konten blog yang baru saja anda buat (misalnya
pesan akan dilakukan kampanye atau sosialisasi di aula xxxxxx yang membahas
tentang calon kepala daerah yang berintegritas dan amanah, dan seterusnya,
sehingga cepat tersebar dan diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan
social bookmark tersebut.
Menyebarkan Link ke Forum-Forum
Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website melalui forum-forum
yang sangat ramai dikunjungi pengguna internet. Dengan kata lain, forum telah
dijadikan sebagai pusat dan tempat yang paling efektif promosi link,
selanjutnya juga untuk mendapatkan traffic yang banyak. Caranya adalah adalah
dengan melakukan post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan
signature yang diberi link ke website anda, thread topik harus sesuai dengan
tema bahasan blog anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan
kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target.
Menyebarkan Link di Artikel
Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan
website anda ke berbagai orang dipenjuru dunia, dengan cara menulis sebuah
artikel yang unik, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk
meninggalkan link website agar efektif untuk mendapatkan link dan untuk
mendapatkan visitor yang banyak.
Menyebarkan Link pada Website
Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para
bloggermania, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website
directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak besar pada
peningkatan jumlah pengunjung website/blog. Terkadang para pendatang baru (NEWBIE) di dunia blogger, sangat sulit
untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman satu, tapi bila telah
melakukan submit ke website directory ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat
akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencarian, karena link
yang berasal dari website directoru rata-rata mempunyai page rank, DA yang
tinggi dan traffic yang sangat bagus.
Menyebar Link ke Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial mungkin hal pertama yang
anda lakukan dibandingkan dengan ke situs-situs yang telah kami jelaskan
diatas. Memang kecenderungan menggunakan media sosial, sekarang ini adalah
merupakan merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun
building SEO.
Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat
diperhitungkan oleh seluruh mesin pencarian, khususnya dalam ini google. Algoritma
SEO milik google telah mensyaratkan bahwa media sosial adalah merupakan tempat
berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda
mendapatkan visitor yang masuk melalui social media, maka google beranggapan
bahwa visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website
anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot yang sering menyusup ke
website.
Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO OffPage,
agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya
bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan website/blog anda dari
halaman google karena dianggap sebagai spam.
Syarat standar yang ditetapkan atau ditentukan oleh para mesin pencari
untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, lakukanlah secara berkala
cukup dengan 3 sampai 5 backlink saja perharinya, sedikit-sedikitkan lama-lama
tambah bukit.
Demikian, artikel atau tulisan kami tentang optimasi seo yang spesialis
digunakan untuk pemilu dan pilkada di Indonesia, semoga apa yang kami jelaskan
diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar