Rabu, 10 Agustus 2016

Seo Spesialis Untuk Pemilu Dan Pilkada

Pilkada atau pemilu telah dimaknai sebagai satu peluang bisnis online bidang spesialis SEO (Search Engine Optimization) digital marketing. Kok bisa !!! Hal ini berhubungan dengan adanya pesan-pesan yang harus disampaikan ke publik oleh para kandidat dan atau bakal calon (balon) kepala daerah tentang segala sesuatu yang menjadi pemikirannya dalam hal membangun suatu daerah apabila dia terpilih menjadi kepala daerah melalui pesta demokrasi pilkada dan/atau pemilu. Nah, pesan-pesan inilah yang sering disebut dengan pesan politik yang dibungkus dalam “visi dan misi si calon”, yang bahasa kerennya adalah “kampanye politik”, yang mana pesan tersebut harus disampaikan ke publik (masyarakat pemilih), apakah menggunakan media online/daring ataupun media offline/during.

SEO Ahli Spesialis Event Pemilu dan Pilkada Serentak di Indonesia

Tidak hanya, para kandidat dan/atau bakal calon kepala daerah saja yang menyampaikan pesan-pesan politik dimaksud, partai politik atau parpol juga tidak mau ketinggalan mengambil peran strategis untuk menyampaikan pesan politik-nya sampai dan diterima dengan baik oleh para konstituen (rakyat si pemilik hak suara). Partai politik sebagai partai pengusung si calon kepala daerah tentu agar bermain habis-habisan agar calon yang diusung dan diunggulkannya bisa meraih suara terbanyak dan terpilih sebagai kepala daerah yang baru untuk masa jabatan 5 (lima) tahun berikutnya.

Secara faktual, penyampaian pesan politik dalam pesta demokrasi pilkada/pemilu dapat dilakukan dalam sistem 2 (dua) kanal, yaitu melalui kanal offline/during dan juga kanal online/daring. Melalui penggunaan kanal offline/during ini, penyampaian pesan politik (apakah itu merupakan sosialisasi maupun kampanye) dapat dilakukan dengan membuat poster, pamflet, baliho, umbul-umbul, stiker, mug, cangkir, spanduk, selebaran, pertemuan tatap muka yang sifatnya terbatas, dan lain sebagainya. Sedangkan bila penyampaian pesan politik dimaksud adalah melalui penggunaan kanal online/daring, tentu menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi (tik), misalnya seperti website, blog, jejaring media sosial dan penggunaan media-media massa lainnya yang dapat diakses dengan menggunakan internet media.

Dalam bahasan topik ini, penulis hanya membatasi penulisan tentang penyampaian pesan politik sosialisasi dan atau kampanye yang hanya menggunakan medium luar ruangan, yaitu internet. Nah, sebagaimana diketahui bersama bahwa para pengguna internet dikuartal ketiga ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, dimana kecenderungannya adalah menggunakan internet mobile via berbagai jenis smartphone canggih. Tentu saja, karena begitu tumbuh suburnya para pengguna internet ini, maka persaingan di dunia digitalpun sudah semakin ketat dan sangat berat. Coba kita banyangkan, berapa banyak situs yang ada di Indonesia ini? Dan apakah semua situs tersebut memiliki keunggulan di persaingan halaman mesin browser internet? Disinilah letak manfaat dan fungsi seo tersebut, agar mampu bersaing dengan website-website yang sama-sama menggunakan kata kunci target unggulannya.

Khusus dalam event pilkada atau pemilu, tentu saja seo sangat bermanfaat untuk bisa mengangkat popularitas diri seseorang sebagai calon kepala daerah, sehingga sedikit banyaknya akan dapat memengaruhi audien untuk memilih dirinya.

Riwayat Tren Penggunaan Kampanye Online
Sebenarnya, konsep penggunaan  kampanye politik online/daring maupun sosialisasi politik memanfaatkan digital marketing pada pelaksanaan pilkada atau pemilu di Indonesia, misalnya pemilihan gubernur, bupati dan atau walikota beserta dengan wakilnya telah ramai digunakan sejak tahun 2004 lalu, kemudian semakin ramai digunakan pada tahun 2009 dan 2014 lalu.

Memang, dalam hal sosialisasi dan atau kampanye pilkada/pemilu yang berkategori kampanye kreatif ini memerlukan biaya yang cukup besar dan sebahagian ada yang menunjukkan kedigjayaannya. Nah, karena begitu besarnya peluang dan juga prospek omzet dari adanya konsep kampanye kreatif ini, mengakibatkan menjamurnya usaha/bisnis dadakan yang spesialis untuk sosialisasi dan atau kampanye politik online/daring pada setiap adanya ajang pesta demokrasi Pilgubsu, Pileg dan Pilpres di Indonesia.

Usaha/bisnis dimaksud sering disebut dengan bisnis “Digital Marketing”, yaitu sebuah bisnis yang menawarkan adanya keahlian dan atau kemampuan untuk mencari konsep sosialisasi atau kampanye online yang kreatif, efektif, tepat sasaran ke masyarakat pemilih. Konsep para pelaku bisnis bidang digital marketing ini, jelas memanfaatkan teknologi digital tercanggih, terbaru dan kekinian, yang dalam bahasa kerennya sering disebut dengan nama “e-Campaign” atau “Internet Campaign” dan juga “Mobile Campaign”.

Pada prinsipnya, baik itu “e-Campaign” atau “Internet Campaign” dan juga “Mobile Campaign” adalah mengutamakan pemanfaatan mesin pencarian dengan menggunakan pola dan atau konsep jasa sosialisasi digital atau jasa kampanye digital yang diaplikasikan dalam bentuk:
Mengelola, mencari dan memanajemen setiap berita-berita yang terbit melalui internet, nah bila diperlukan menenggelamkan berbagai berita negatif yang merugikan si calon, mendorong munculnya berita positif untuk tampil di halaman pertama google dengan cara memaksimalkan penggunaan teknik optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang tepat dengan menggunakan tenaga yang memiliki kemampuan sebagai “ahli seo Indonesia”, pakar seo Indonesia, master seo Indonesia, Konsultan seo Indonesia dan atau praktisi SEO Indonesia;
Melakukan kegiatan sosialisasi dan atau kampanye di internet dengan menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing), berupa membuat atau menerbitkan iklan berbayar di google, facebook, twitter, instagram, path, BBM, line, whatsapp, dan lain sebagainya, setelah terlebih dahulu melakukan research secara komprehensif terhadap seluruh penggunaan kata-kata kunci target utama yang akan selanjutnya akan dikelola secara maksimal sebagai materi iklan ataupun banner, berdasarkan keywords yang lazim diketik para pengguna internet menggunakan berbagai mesin pencari dan jejaring media sosial;
Melakukan sosialisasi dan atau kampanye politik di berbagai sosial media yang tepat sasaran, misalnya dengan merumuskan pemilihan konten dan waktu yang tepat untuk bersosialisasi memperkenalkan si calon;
Melakukan sosialisasi dan atau kampanye politik kreatif dengan video yang berdurasi pendek, serta pemilihan konten yang tepat setelah melakukan research sebelum memproduksi video tersebut;
Membangun karakter dan juga mengisi berbagai konten pada website/situs dan media sosial, serta secara berkala mencek dan mengukur tingkat kunjungan pengunjung dan respon dari pihak manajemen;
Melakukan Online Reputation Management (ORM);
Dan teknik-teknik lainnya;

Tetapi semua hal diatas didiskusikan dalam satu meja, sehingga kesimpulan penggunaan strategi sosialisasi atau kampanye yang efektif dan terarah adalah harus sesuai dengan aturan yang telah ditentukan hukum yang berhubungan dengan pemilu/pilkada dan juga yang diatur oleh KPU/KIP (Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilu) dan juga BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu), misalnya melalui PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) dan PERBAWASLU (Peraturan Badan Pengawas Pemilu).

Dengan demikian, keberadaan team di media center atau posko pemenangan, khususnya team internet marketer harus mampu bekerja menangani aplikasi pada pos melakukan sosialisasi ataupun kampanye di internet, team akun pada channel yang tepat untuk dikelola, berjiwa sebagai aktivis jejaring sosial media, merupakan pakar gadget dan pengelola berbagai komunitas online di Indonesia yang bekerja secara simultan, komprehensif dan berdedikasi tinggi untuk melakukan pekerjaan optimasi Search Engine Optimization dan Social Media Optimization. Tidak hanya sekedar membuat akun atau meniru hasil karya yang dilakukan orang lain, kemudian mengirim atau mention sana sini, membuat banyak akun bodong, bayar followers palsu dan beli likes dengan harga murah meriah. Karena memiliki akun abal-abal hanya akan membuat sosialisasi atau kampanye yang dilakukan adalah kepada konstituen atau rakyat pemilu bodong. Murah meriah tentu tidak akan membuahkan hasil maksimal seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu, dalam hal penggunaan jasa otimasi seo agar bisa masuk dalam halaman pertama google, maka jalan satu-satunya adalah dengan mencari relawan, simpatisan ataupun tim sukses yang benar-benar sebagai “ahli strategi sosialisasi online” dan atau “ahli strategi kampanye online” yang memiliki beragam konsep, pola yang tepat sasaran, matang, ideal untuk dipergunakan sebagai salah satu taktik dan strategi yang tepat dan dinamis untuk dapat bersaing di halaman mesin pencarian google online, mulai dari seleksi pemilihan nama akun, tampilan untuk tampil di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci yang ramai digunakan pengguna search engine, hingga berbagai konten kreatif digital lainnya (baik tulisan, gambar dan video) yang kemudian akan disajikan dengan sukarela untuk dibagikan oleh banyak pengguna media sosial. Dengan begitu, sangat jelas sosialisasi atau kampanye politik online yang dilakukan terarah dan tepat sasaran yang berujung pada menang-nya calon kepala daerah yang bersangkutan.

Cara Pesan Politik Pilkada Muncul Di Halaman Satu Google
Secara teori SEO dan praktek SEO, cara agar suatu pesan politik di ajang pemilu atau pilkada agar bisa muncul atau menduduki posisi halaman satu google, adalah dengan menggunakan teknik optimasi SEO ONPAGE dan juga SEO OFFPAGE, yang pada intinya dapat dijelaskan sebagai berikut:

A. SEO OnPage
Penggunaan SEO onpage adalah langkah pertama yang harus dilakukan setelah tersedianya sebuah website, dimana SEO onpage dioptimalkan dengan:
Pergunakanlah tag untuk keyword tertarget yang menjadi sasaran anda. Sedangkan untuk deskripsi website, silahkan untuk diisi hal-hal yang berhubungan dengan keyword anda (contoh pada website kami ini, kami mengisinya dengan kata-kata: “Agen Tour Travel, Rental Mobil, Agen Jual Tiket Online, Jasa Cargo Barang Dan Jenazah, Jasa SEO Friendly, Jasa Review Produk, Bisnis Wirausaha, Jasa Pasang Iklan”). Dan terakhir untuk urusan keyword, agar mencantumkannya didalam setiap artikel konten yang anda buat. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang anda pakai, disesuaikan dengan kebutuhan isi konten yang berhubungan dengan penyampaian visi dan misi sosialisasi atau kampanye yang akan dilakukan, misalnya menggunakan emphasize (seperti memberi bold, italic, atau underline).
Pergunakanlah alamat URL yang 100% SEO friendly, dan mohon agar hindari menggunakan parameter lain. Sisipkan keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat, sebagai contoh adalah url link website ini http://silarangonline.blogspot.com/2015/11/jasa-online-bantuan-hukum-perkara-kasus.html dan sebagainya. Nah coba perhatikan, antara alamat situs dengan alamat link artikel ada kesesuaian, dimana kedua-duanya terdapat kata: “ONLINE”, yang mana kata ONLINE ini dapat menjadi kata kunci utama tertarget untuk berpeluang sangat besar bisa mengantarkan artikel yang kami tulis ini menuju ke halaman pertama (page one) seluruh mesin pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ONLINE” adalah kata kunci utama dari website/blog ini.
Optimasikan judul blog (title tag, baik di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai kata judul H1 => “AGEN TRAVEL JASA ONLINE”, namun perlu diingat bahwa title tag judul diatas tidak boleh melebihi jumlah 70 karakter dan meta description tidak lebih dari 160 karakter (kalaupun lebih maka akan otomatis dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah kata-kata yang menjadi keyword-keyword tertarget anda pada 160 karakter pertama).
Pilihlah domain yang bisa memakai www, http dan atau tanpa memakai www, http karena secara prinsip mesin pencari akan menganggap bahwasanya domain-domain tersebut adalah berbeda. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun risau, karena hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan teknik redirect 301.
Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca anda, khususnya untuk robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
Bila anda telah mahir, segerala kompres halaman website/blog anda menggunakan .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah juga salah satu penilaian apakah SEO telah optimal atau tidak.
Terakhir, jangan lupa untuk membuat link media sosial di website/blog anda, untuk mempermudah promosi web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk link building.

B. SEO OffPage
Setelah kita memahami tentang pemanfaatan SEO OnPage dalam rangka menempatkan pesan sosialisasi atau kampanye politik online agar bisa muncul di halaman satu google, maka kita lanjut pembahasan tentang bagaimana caranya menggunakan SEO OffPage, karena baik SEO OnPage dan juga SEO OffPage adalah merupakan serangkaian kegiatan optimasi SEO website yang harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Karena itu, tetap pelajari apa yang diuraikan dalam penjelasan SEO On Page diatas, agar nantinya dapat dikolaborasikan kedua bahagian seo tersebut, agar hasil yang dicapaipun lebih optimal karena saling sokong menyokong.

Tutorial tentang SEO memang telah menjadi tranding topik di media internet online yang sangat ramai dibicarakan audiens, mengingat efeknya yang sangat luar biasa dasyat-nya dalam upaya untuk mengembangkan teknik internet marketing modern yang berwawasan pasar global melalui pencatatan di halaman mesin pencarian, seperti google, bing, yandex dan yahoo. Karena itu, kalau boleh kami mengatakan: “SEO tak ada matinya”.

Satu kunci rahasia agar pesan politik pilkada atau pemilu bisa berhasil adalah dengan mengembangkan teknik seo pada website anda, serta pemahaman atas seluruh optimasi yang sudah dikerjakan tim di media center, meskipun terkadang membutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang. Yang terpenting adalah, website anda tidak mengalami error akibat terjadi kesalahan dan atau optimasi yang sangat berlebihan. Ibarat manusia, bila diberikan beban untuk mengangkat sesuatu yang tidak sesuai dengan kekuatan tenaga yang dimilikinya, sudah pasti jatuh. Demikian juga dengan SEO yang dioptimasi ke dalam sebuah website/blog, apabila terlalu berlebihan, sudah bisa dipastikan akan kolaps, dan bahayanya bila sampai terdeteksi oleh mesin pencari (search engine), maka akan menurunkan nilai daya saing SEO website anda sendiri dimata google.

SEO Off Page, secara umum pengertian-nya dimaknai sebagai optimasi dari luar website/blog dalam rangka untuk membangun dan mencari link (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website anda (link building), tapi ingat utamakan link dofollow yang berkualitas dan terbaik. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana? Penjelasan sebagai berikut:

Menyebarkan Link di Social Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management System (CMS) yang anda pergunakan, baik Blogspot, WordPress, atau yang lainnya, telah support dan menyediakan beberapa social bookmark bisa anda pakai dalam mempromosikan website dari luar. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet bloggermania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social Bookmark sangat bermanfaat pembaruan posting isi konten blog yang baru saja anda buat (misalnya pesan akan dilakukan kampanye atau sosialisasi di aula xxxxxx yang membahas tentang calon kepala daerah yang berintegritas dan amanah, dan seterusnya, sehingga cepat tersebar dan diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan social bookmark tersebut.

Menyebarkan Link ke Forum-Forum Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website melalui forum-forum yang sangat ramai dikunjungi pengguna internet. Dengan kata lain, forum telah dijadikan sebagai pusat dan tempat yang paling efektif promosi link, selanjutnya juga untuk mendapatkan traffic yang banyak. Caranya adalah adalah dengan melakukan post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website anda, thread topik harus sesuai dengan tema bahasan blog anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target.

Menyebarkan Link di Artikel Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan website anda ke berbagai orang dipenjuru dunia, dengan cara menulis sebuah artikel yang unik, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website agar efektif untuk mendapatkan link dan untuk mendapatkan visitor yang banyak.

Menyebarkan Link pada Website Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para bloggermania, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak besar pada peningkatan jumlah pengunjung website/blog. Terkadang para pendatang baru (NEWBIE) di dunia blogger, sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman satu, tapi bila telah melakukan submit ke website directory ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencarian, karena link yang berasal dari website directoru rata-rata mempunyai page rank, DA yang tinggi dan traffic yang sangat bagus.

Menyebar Link ke Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial mungkin hal pertama yang anda lakukan dibandingkan dengan ke situs-situs yang telah kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan media sosial, sekarang ini adalah merupakan merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun building SEO. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencarian, khususnya dalam ini google. Algoritma SEO milik google telah mensyaratkan bahwa media sosial adalah merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda mendapatkan visitor yang masuk melalui social media, maka google beranggapan bahwa visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot yang sering menyusup ke website.

Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO OffPage, agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan website/blog anda dari halaman google karena dianggap sebagai spam.

Syarat standar yang ditetapkan atau ditentukan oleh para mesin pencari untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, lakukanlah secara berkala cukup dengan 3 sampai 5 backlink saja perharinya, sedikit-sedikitkan lama-lama tambah bukit.

Demikian, artikel atau tulisan kami tentang optimasi seo yang spesialis digunakan untuk pemilu dan pilkada di Indonesia, semoga apa yang kami jelaskan diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar