Selasa, 27 Oktober 2015

Seo, Oh Seo Cara Menggapai Trafik Tinggi

Sohib Seo Silarang Online, anda berharap agar blog senantiasa mempunyai trafik tinggi setiap harinya. Namun trafik tinggi tersebut tidak serta merta datang dengan sendirinya tanpa melakukan suatu tindakan / perbuatan apapun. Karena hakekat untuk mendapatkan trafik yang tinggi tersebut adalah dengan melakukan optimasi seo website yang anda miliki, baik dengan cara seo on page maupun dengan menggunakan seo off page.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan sekaligus membagikan tentang ilmu seo (search engine optimazation) on page yang ramah terhadap mesin pencari google (seo friendly), yang mana uraiannya adalah sebagai berikut :

1. Artikel postingan.
Hakekat dari nge-blog adalah menulis dan menulis. Karena itu, seo mewajibkan kita untuk secara rutin dan berkala membuat tulisan yang akan kita posting di blog. Lalu, postingan bagaimana yang sesuai dengan standar seo friendly yang ditetapkan oleh google agar dapat meningkatkan trafik pengunjung ? Nah, memang tidak ada ketentuan baku yang menyatakan pelarangan tentang tulisan yang bisa diposting atau tidaknya di blog. Namun, kalau tulisan kita tidak bermanfaat bagi orang banyak (asal-asalan) sudah barang tentu juga tidak akan dicari dan dibaca oleh calon pembaca (dalam hal ini adalah visitor blog). Jadi, usahakanlah tulisan yang akan anda posting tersebut berisikan hal-hal yang sangat bermanfaat, informatif, unik, menarik dan terbaru. Karena itu, gali dan carilah topik-topik hangat, unik, menarik dan berpotensi besar bisa membuat penasaran ingin membacanya. Menarik bukan saja hanya pada bahagian judul, melainkan juga dibagian isi tulisan anda itu sendiri. Serta yang terpenting, tulisan anda tersebut haruslah original / asli dan bukan hasil dari contekan / plagiat / copy paste. Usahakan juga agar karakter kata yang terdapat dalam tulisan anda melebihi (minimal) 500 karakter kata, karena pada prinsipnya mesin perayapan yang dimiliki google sangat menyukai tulisan yang memiliki lebih dari 500 karakter kata. Nah, dengan adanya artikel ini, maka sedikit banyaknya ada mendatangkan visitor berkunjung ke blog anda, sehinggar trafik blogpun lambat laun akan terus meningkat / tinggi.

2. Gunakan template yang simple.
Template yang simple menjadikan blog sangat ringan untuk diakses. Blog yang ringan diakses adalah salah satu syarat yang harus dilengkapi dan dilaksanakan didalam teknik optimasi seo on page dalam rangka menaikkan trafik visitor. Website yang sangat berat / lambat di akses akan sangat membosankan dan membuang-buang waktu, disebabkan visitor tidak mau berlama-lama menunggu terbukanya 1 buah halaman postingan anda, serta bisa mengakibatkan visitor anda akan lari ke blog yang lain. Satu hal yang harus selalu kita pertimbangkan, bahwasanya karakteristik pengunjung sangat membutuhkan kenyamanan selama berada dan mengakses blog kita, sehingga untuk mewujudkannya kami sarankan agar menggunakan template yang menarik, simple dan enak dipandang mata. Jadi, jangan gunakan template yang tidak nyaman dan simple, karena jenis template yang simple juga tidak kalah dengan template profesional, baik dari segi fungsinya maupun disain tata letaknya juga sudah sangat luar biasa. Anda tidak perlu kuatir, karena template simple telah banyak disediakan secara gratis.

Satu hal lainnya yang patut untuk anda pertimbangkan dalam penggunaan template ini adalah, agar jangan sering-sering gonta ganti template, karena beresiko pada fungsi seo on page anda, serta akan berdampak langsung nyata atas pengindeksan yang dilakukan mesin pencari (search engine) google, sehingga peluang anda untuk mendapatkan trafik tinggi menjadi sia-sia.

Bicara tentang tata letak template, kami menyarankan agar dekorasi tata letak blog disesuaikan dengan faktor kebutuhan seo blog dan tidak boros space yang ada. Memang gambar dapat membuat seseorang visitor betah berada di blog anda, namun bila gambar tersebut terlalu banyak bisa malah membosankan pengunjung karena tidak indah dipandang mata.

3. Gunakan kosa kata (tata bahasa) baik dan benar.
Salah satu pertimbangan seo on page dalam memanggil trafik blog adalah penggunaan tata bahasa. Kita tidak pernah mengetahui, visitor yang datang ke blog kita mempunyai status sosial dari mana. Karena hal tersebut masalah penggunaan kosa kata tidak boleh dianggap sepeleh / remeh. Senantiasa gunakanlah kosa kata sopan, santun, ramah, nyaman, dan familiar di mata masyarakat pembaca. Website yang menggunakan kosa kata yang baik dan benar akan mendapat nilai positif, dan suatu saat nanti akan kembali dikunjungi visitor.

Penggunaan kosa kata ini juga akan dimanfaatkan seo blog untuk mendatangkan robot perayapan yang dimiliki search engine google, sehingga index blog anda akan cepat dilakukan google. Jangan lupa juga untuk menghindari terjadinya kesalahan pengetikan, karena hal ini akan berakibat cukup fatal terhadap pengindeksan search engine  google. Karenanya, bila kosa kata bahasa kita masih amburadul, maka sudah saatnyalah untuk belajar agar blog kita kelihat lebih profesional, bermartabat, serta sopan santun. Dengan begitu harapan trafik tinggi terbuka lebar.

4. Belajar dari para master web blog seo.
Ada pepatah mengatakan: “malu bertanya sesat di jalan”. Pepatah tua ini, seperti juga berlaku dalam dunia online internet khususnya tentang bagaimana cara ataupun tips yang akan digunakan untuk mendatangkan visitor atau menjadikan blog kita bertrafik tinggi. Jujur saja, dengan kita belajar dari para ahli seo maupun konsultan seo profesional, kita akan mendapatkan ilmu terapan yang dapat digunakan langsung ke blog yang kita miliki. Yang terpenting kita tidak usah malu-malu atau takut dikatakan tidak pintar (bodoh) dalam dunia ngeblog, karena ilmu pengetahuan seo ngeblog selalu berkembang seiring dengan perkembangan dunia media digital. Ingat apapun saran, petunjuk ataupun pendapat-pendapat dari para ahli seo adalah sangat berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas blog yang kita miliki, sehingga target trafik tinggi yang kita idam-idamkan dapat terwujud.

5. Belilah top level domain (TLD).
Masalah mengenai penggunaan domain TLD ini dapat meningkatkan trafik blog masih terjadi dualaisme pendapat. Namun, bila seseorang akan menggunakan domain tld, maka sudah menyiapkan uang / dana yang dibutuhkan untuk menyewa domain dan juga hosting. Secara umum, bila menggunakan domain tld, maka akan diperoleh hal-hal sebagai berikut:
- lebih sedikit borjuis, profesional dan berkelas;
- menimbulkan sumber kepercayaan yang lebih dari para visitor;
- calon konsumen (misalnya pasang iklan ataupun pasang banner) akan lebih suka memasang iklan bannernya;
- lebih cepat terindex mesin pencari;
- akses layanan control panel cpanel yang lebih leluasa;
- editing tampilan template, script, kode html, dan sebagainya lebih bebas;
- dan lain-lain;

6. Gunakan tangan media sosial.
Media sosial diyakini sebagai salah satu indikator yang dapat meningkatkan trafik yang tinggi ke suatu blog. Karena itu untuk memaksimalkan penggunaan seo on page, maka menggunakan tangan-tangan pihak ketiga yang dapat membantu anda mempromosikan (menyebarluaskan) tulisan postingan sangatlah dibutuhkan. Media sosial seperti facebook, twitter, google+, dan lain sebagainya akan memberikan backlink yang akan meningkatkan citra dan popularitas blog di hadapan mesin pencari google. Otomatis juga akan meningkatkan trafik blog yang cukup signifikan, karena 85% pengguna internet adalah menggunakan mesin pencari google, dan rata-rata hampir 80% visitor yang datang ke satu blog adalah berasal dari mesin pencari.

7. Daftar ke Webmastertools mesin pencari.
Mendaftarkan blog ke webmastertools yang dimiliki oleh layanan mesin pencari, seperti google ataupun bing dapat mempercepat pengindex-an, sehingga artikel yang sudah kita posting akan langsung terbaca di serp (search engine rank page) mesin pencari google dan bing. Dengan begitu, calon visitor dapat segera mengetahui dan membacanya.

Nah, bila langkah nomor 1 sampai dengan 7 diatas diterapkan secara baik dan benar, niscaya blog anda akan mendapatkan trafik tinggi setiap hari, sangat berpeluang digunakan untuk mencari tambahan uang melalui bisnis marketing internet (seperti telah kami singgung dalam point 5 diatas), yaitu dengan cara menekuni bisnis blog jasa pasang iklan murah ataupun jasa pasang banner murah diblog yang anda miliki. Namun, salah satu kriteria atau syaratnya adalah blog anda telah  memiliki jumlah unique visitor (uv) yang melebihi 1000-an uv setiap harinya.

Semua hal yang silarang online kemukakan diatas, dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa terbebani, asalkan anda mau mempraktekkannya secara sabar dan tekun, serta kontiniu tanpa mengenal kata menyerah ataupun mundur.

Semoga berguna, sekian dan terima kasih.


Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar