Sabtu, 06 Februari 2016

Backlink Itu Ahli Dan Pakar Seo Off Page

Backlink Itu Ahli Dan Pakar Seo Off Page # Diskusi seo tidak ada matinya, untuk itu silarang online akan angkat tema tentang backlink dalam kapasitasnya menunjang kinerja seo off page agar lebih maksimal lagi bagi website/blog. Tapi tentu saja backlinknya harus berkualitas dan kapasitasnyapun harus natural.

Cara Mudah Membuat Dan Mendapatkan Backlink Berkualitas Dan Natural Untuk Meningkatkan Trafik Website/Blog

Di dunia blogger, banyak para ahli dan pakar seo yang saling beda pendapat tentang keberadaan dan manfaat yang ditimbulkannya dalam menunjang kinerja sebuah website agar lebih dasyat lagi duduk di halaman pertama google. Ada ahli seo dan pakar seo yang mengatakan: bahwa backlink tidak ada lagi manfaatnya (sudah mati) untuk seo, dan ada sebahagian lagi pendapat yang berseberangan dengan mengatakan: bahwa backlink masih penting dan sangat bermanfaat untuk seo off page website.

Terlepas polemik dari para ahli seo dan pakar seo tersebut, kami berpendapat yang simple saja, bahwa backlink masih sangat dibutuhkan dan bermanfaat terlebih-lebih dalam rangka untuk mempromosikan atau memperkenalkan website/blog kita ke website/blog milik orang lain, karena itulah membahas dan mendiskusikan backlink masih sangat relevan untuk menambah khasanah pengetahuan dan referensi ilmu seo, khususnya dalam rangka membangun website yang baik, sehat dan berdaya saing hebat di mesin pencarian google.

Ok, sahabat silarang online yang hebat-hebat, kita lanjutkan membahas tentang backlink ini, tapi sebelum lebih jauh kita bahas, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu, apa arti dan pengertian dari backlink itu sendiri dalam dunia internet online.

1) Arti dan Pengertian Backlink
Kata backlink itu sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu: back dan link. Secara umum, kita telah mengetahui apa itu arti dan pengertian kata back, yakni belakang, balik, atau kembali. Tapi karena ini menyangkut kata yang berkaitan dengan tulisan atau artikel di internet, maka back dapat diartikan sebagai artikel belakang atau artikel balik atau artikel kembali. Sedangkan arti dan pengertian link, yakni tautan. Jadi backlink adalah tautan balik (arti dan pengertian secara umum).

Sementara arti backlink dalam dunia website/blog adalah tautan yang berada di luar situs web yang mengarah ke home page, pos atau halaman situs milik kita. Misalnya, sahabat silarang online atau para blogger mania membuat link yang ditujukan atau mengarah ke website/blog kami ini, maka link tersebut merupakan satu buah backlink bagi website/blog ini. Atau sebaliknya, jika kami membuat sebuah tautan berupa kata-kata tertentu ke situs web anda, maka tautan tersebut merupakan backlik buat situs milik anda. Istilah kata yang sering digunakan untuk membuat tautan disebut dengan anchor text atau teks jangkar.

Diatas kami ada menyinggung tentang backlink natural, nah arti dan pengertian backlink natural ini adalah tautan balik yang dibuat secara alami dan sesuai dengan peruntukannya. Maksud alami adalah bahwa anchor text atau teks jangkar tersebut dibuat sesuai topik yang dibuat atau dibahas oleh orang lain, atau dengan kata lain backlink itu seolah-olah dibuat oleh orang lain (yang bersangkutan) di luar website/blog kita. Contohnya, kalau anda membuat sebuah backlink untuk sebuah situs web yang lain, maka harus dibuat di situs konten yang sejenis yang berada di situs web tersebut. Atau jika akan membuat backlink ke pos atau halaman situs, buatlah di pos dengan topik atau tema yang sama.

Sementara arti dan pengertian backlink berkualitas, yaitu tautan balik yang berbobot dan sangat bernilai. Backlink berkualitas yang seperti ini dapat diperoleh atau bersumber dari situs-situs pendidikan, universitas, lembaga pemerintahan atau situs web/blog yang memiliki reputasi dan popularitas tinggi di mesin pencari.

Sedangkan arti dan pengertian backlink buruk adalah tautan balik yang menimbulkan penyakit, kuman atau virus terhadap kredibilitas situs web kita. Dimana bila sampai backlink buruk ini masuk ke website/blog kita, maka reputasi situs kita di mesin pencari akan terpuruk. Misalnya backlink seperti ini berasal situs-situs illegal (konten dewasa) atau yang tidak jelas flatform, serta tidak mendidik.

2) Efek Pengaruh dan Fungsi Backlink
Backlink pada sebuah website/situs ibaratkan sebagai rekomendasi dari sebuah situs kepada seluruh pembaca (pengunjung) dan mesin pencari tentang informasi yang terkait keyword pada teks jangkar atau anchor text. Jika banyak website/blog yang merekomendasikan blog kita, maka blog kita akan dianggap sangat penting, baik oleh pembaca itu sendiri maupun mesin pencari, dengan demikian posisi blog kita di halaman hasil pencarian (SERP) akan semakin kuat dan diperhitungkan untuk bisa menempati halaman pertama.

Namun anda jangan senang dulu, karena google dan pembaca (pengunjung) akan melihat, siapa dan dari mana (website/blog) yang merekomendasikannya? Apabila backlink tersebut direkomendasikan oleh situs besar yang dipercayai oleh google, maka nilai kepercayaan google dan pembaca akan tinggi terhadap website/blog kita. Sebaliknya, seandainya backlink itu direkomendasikan oleh situs buruk, maka situs kita seperti tidak bernilai sama sekali.

Di samping memperkuat posisi website/blog di SERP google, backlink juga sangat bermanfaat dalam mendatangkan trafik yang cukup tinggi, baik yang diperoleh langsung melalui anchor text, serta backlink tersebut merupakan salah satu strategi atau taktik untuk mempromosikan blog kita kepada pembaca di berbagai situs serupa.

3) Jumlah Backlink Ideal
Banyak pertanyaan yang muncul di dunia blogger, tentang berapakah jumlah backlink yang dibutuhkan agar website/blog dapat dikatakan baik, sehat dan dapat bersaing di SERP mesin pencari google? Sebenarnya, mengenai jumlah backlink, tidak ada satu ketentuanpun dari para ahli atau pakar seo yang mengatakan angka minimal ataupun maksimal jumlahnya. Tapi sebenarnya jumlah backlink tersebut tidak perlu terlalu banyak, cukup beberapa saja untuk setiap pos yang terpenting adalah apakah backlink itu diperoleh dari situs berkualitas, dipercaya dan dibuat secara manual, natural dan teratur. Membuat dan mendapatkan backlink secara membabi buta atau menggunakan tool otomatis justru akan membahayakan website/blog karena bisa dianggap SPAM oleh google, karena itu banyak para ahli dan pakar seo yang menghindari penggunaan tool otomatis untuk mendapatkan backlink.

Mengenai tempat atau kemana backlink itu harus diarahkan, tidak ada satu pendapat dari para ahli atau pakar seo yang bisa untuk kita jadikan pegangan. Namun, anda dapat mengarahkan backlink tersebut menuju ke home page, ke halaman atau ke pos yang sedang dioptimasi.

4) Cara Membuat Backlink
Ada beberapa cara menurut para ahli dan pakar seo yang bisa anda kita jadikan rujukan dalam membuat backlink, yaitu dengan:

  • Blogwalking, yaitu serangkaian aktifitas mengunjungi website/blog milik orang lain dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, mencari sumber inspirasi menulis artikel, mencari referensi, menjalin silaturahmi dan tentunya untuk membuat backlink. Dalam membuat backlink saat blogwalking dapat dilakukan dengan cara meninggalkan komentar, dengan terlebih dahulu mengisi nama, surel, URL dan pastinya komentar yang sesuai tema yang sedang dibahas. Anda tidak perlu meninggalkan link aktif atau minta kunjungan balik pada kalimat komentar, cukup simpan link sobat pada kolom URL website. Kata yang ditulis saat mengisi nama akan otomatis menjadi anchor text atau teks jangkar. Jika nama tersebut diklik oleh para pembaca diblog tersebut, maka akan membuka dan menuju blog sobat.
  • Signature di Forum, untuk membuat atau mendapatkan backlink juga bisa anda lakukan dengan mengunjungi forum-forum diskusi seperti bersosial[dot]com, forum detik, VIVA forum dan lain-lain. Pada forum itu, anda bisa membuat tautan balik dan akan tampil di bawah tulisan setiap kita menulis tread atau balasan terhadap tread orang lain. Signature forum ini bisa anda buat pada setting profil akun anda di forum tersebut. Selain membuat tautan balik di signature forum ini, anda bisa juga menanamkan atau menyisipkan backlink di tread. Buatlah artikel agak panjang, bahas tema yang sama dengan artikel yang akan anda optimasi lalu buat backlink ke pos website/blog anda dengan memakai kata kunci utama sebagai anchor text atau teks jangkar.
  • Menjadi penulis tamu, memang tidak mudah untuk menjadi seorang penulis tamu pada sebuah website/blog, tapi jika diijinkan pemilik situs, maka anda bisa membuat backlink pada artikel yang anda kirimkan untuk situs orang lain ataupun situs milik anda sendiri. Namun jika tidak diijinkan, anda masih bisa menyisipkan nama situs pada identitas penulis. Jika tulisan anda bagus dan menarik, maka pembaca akan lebih penasaran untuk menyimak tulisan anda yang lain di website/situs anda. Jadi selain berguna untuk membuat backlink, menjadi penulis tamu juga bisa dimanfaatkan untuk membuktikan kapasitas atau kemampuan anda kepada para pembaca, bahwa anda punya ide kreatif dan cara mengemas kata-kata yang enak dibaca, sehingga mereka pantas mengunjungi blog anda dikemudian hari.
  • Submit artikel, merupakan serangkaian tindakan submit artikel memang sedang populer dan telah terbukti dapat mendatangkan ribuan trafik pengunjung. Ada beberapa website atau situs untuk submit artikel, diantaranya: VIVAlog, Dream dan Citizen6. Caranya kirim 1 paragraf artikel anda kepada mereka beserta link post nya, jika lolos review maka artikel anda sobat silarang online akan di publish di sana dan akan ada backlink yang mengarah ke website/blog kita.
  • Request, dari sekian banyaknya cara untuk mendapatkan backlink, maka cara request atau meminta kepada sesama blogger dengan topik sejenis untuk bertukar link inilah yang paling sering dilakukan oleh para ahli dan pakar seo. Istilah yang sering dipakai adalah dengan mengatakan jangan lupa untuk kunbal. Cara bertukar link yang benar, aman dan baik sesuai dengan petunjuk para ahli dan pakar seo adalah dengan cara membuat review seperti yang lazim dilakukan pada kontes SEO, misalnya review tentang travel surabaya malang bareng nahwa aja ya. Nah, sahabat silarang online membuat sedikit tulisan tentang analisa ataupun juga review yang berisikan akan pengetahuan travel anda, maka ketika anda meminta agar dikunjungi balik akan sangat relevan bagi para pemilik website/blog untuk mengunjungi balik disebabkan keingintahuannya terhadap tulisan atau pembahasan tentang travel yang anda buat. Dalam kunjungan balik ini, anda bisa pesan backlink dengan anchor teks atau teks jangkar yang anda inginkan (target), anda juga harus melakukan hal yang sama kepada mereka, yakni membuat review dan menautkan link dengan anchor text atau teks jangkar sesuai dengan yang mereka minta.

Sekian dulu pembahasan kita tentang backlink itu adalah ahli dan pakar seo off page yang dapat mengangkat popularitas sebuah website/blog untuk mendapatkan posisi di halaman 1 (ataupun menduduki rank #1) di mesin pencarian google. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar