Kamis, 19 Januari 2017

Forum Petani dan Komunitas Masyarakat Pertanian Indonesia

Tak dapat dipungkiri, akhir-akhir ini sangat ramai forum petani dan komunitas pertanian Indonesia, baik dikelola oleh media-media offline maupun online. Kehadiran media ini, tentu sangat membantu para petani Indonesia untuk lebih maju lagi terlebih-lebih dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani. Pada artikel ini, akan coba dibahas tentang kehadiran sebuah blog atau webs yang menggadang-gadang istilah keren Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id.

Forum Petani Offline dan Komunitas Masyarakat Pertanian Online Indonesia

Memang, kondisi pertanian di Indonesia, banyak dirasakan petani masih memprihatinkan. Di mana meskipun Indonesia dikenal sebagai negara agraris dan memiliki lahan pertanian yang cukup memadai luasnya, malah sekarang sebagai salah satu negara pengimpor makanan pokoknya dari negara lain. Padahal sebenarnya rakyat dan bumi Indonesia yang kita diami ini, keadaannya bisa lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan beras yang menjadi bahan makan pokok kita sehari-hari. Serta menurut kami juga, bukan hanya beras saja yang memprihatinkan, akan tetapi dari hasil pertanian lain pun mengalami nasib yang sama dengan petani padi. Mengapa hal ini bisa terjadi di negara yang kaya raya ini?

Kami melihat, salah satu faktor penyebabnya adalah mengenai lahan pertanian yang kian hari kian menyusut diakibatkan diperuntukkan bagi lahan untuk perumahan atau pemukiman. Belum lagi ditambah adanya lahan pertanian di Indonesia yang banyak menjadi lahan tidur.

Kalau  dikilas balik sejarah, miris memang negara kita tercinta Indonesia adalah sebagai negara produsen beras ketiga dunia setelah China dan India. Di mana kontribusi negara Indonesia terhadap produksi beras dunia kira-kira sebesar 8,5% (sekitar 51 juta ton). Adanya produksi beras Indonesia yang begitu tinggi tersebut ternyata belum bisa mencukupi kebutuhan beras untuk penduduk di dalam negeri. Dilihat dari aspek-aspek yang berkaitan dengan dunia pertanian, kondisi pertanian Indonesia masih banyak kekurangan. Adanya kekurangan ini bukanlah semata berasal dari pemerintah saja, melainkan semua stakeholder yang terlibat dalam komunitas pertanian Indonesia sebagai salah satu tempat berkumpulnya para pelaku sektor pertanian.

Adanya realita diatas, tentu saja sangat membutuhkan terobosan dan juga inovasi terbaru dalam bidang teknologi pertanian. Perbaikan dari komunitas masyarakat sangat dibutuhkan, agar nantinya target swasembada benih merata disetiap daerah, kemudian juga adanya peningkatan peran penyuluhan pertanian, dan keikutsertaan forum pertanian Indonesia untuk melakukan pembinaan dan juga penyebaran berbagai informasi pertanian lebih diintensifkan lagi. Hal ini tentu saja menjadi hal yang harus disikapi secara cerdas agar terobosan terkini dan inovasi baru mulai dari hilir akan sangat berpengaruh dengan hasil yang ingin dicapai dunia pertanian Indonesia.

Kami yakin dengan adanya forum pertanian dan juga komunitas pertanian, baik itu berupa forum online maupun komunitas offline, tentunya akan mempunyai manfaat dan memiliki andil yang cukup besar dalam pengembangan teknologi terbarukan bidang pertanian. Bagi masyarakat petani yang belum memahami betul penggunaan teknologi pertanian, maka dapat disiasati dengan sharing teknik informasi, misalnya dengan membuat forum perkumpulan masyarakat desa atau komunitas masyarakat petani. Sedangkan untuk menggunakan medium online, tentunya para ahli/pakar teknologi informatika yang dimiliki Indonesia dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan adanya kemajuan teknologi melalui forum daring dan atau komunitas online yang kredibel membahas dunia pertanian. Tidak hanya terbatas pada itu saja, forum dan atau komunitas pertanian dimaksud juga harus mampu mewujudkan pemanfaatan agroteknologi yang berstandar ramah lingkungan hidup dan globalisasi.

Sebenarnya membahas sektor pertanian adalah bersifat sangat luas dan selalu bersinggungan dengan dunia peternakan. Oleh karena itu, konsep pembahasan atas adanya forum daring dan komunitas online diatas, harus pula dikaitkan dengan dunia peternakan. Misalnya, bisa dengan membuat forum peternakan sapi yang dibentuk pada tiap-tiap desa yang ada di nusantara. Mengapa? Karena forum peternakan yang ada di Indonesia, sudah berjalan hampir 9 (sembilan) tahun, dimana pemberdayaan ternak hewan di desa sudah sangat maju. Terbukti masyarakat yang sebelumnya tidak punya ternak hewan bisa mempunyai ternak hewan dengan teknik bagi hasil dengan pemerintah.

Adanya konsep yang diterapkan antara peternak dengan pemerintah diatas, bisa juga diterapkan dan diturunkan langsung untuk bidang sayuran dan buah, mengingat Indonesia sendiri dengan musim/iklim yang kondusif sangat mendukung perpaduan antara beternak dan berkebun. Disamping itu, dengan adanya kandungan tanah yang subur di setiap desa, serta jumlah petani Indonesia yang tidak sedikit tentunya akan sangat menguntungkan bagi petani dan pemerintah.

Nah, konsep diatas tinggal bagaimana disikapi oleh pemerintah untuk mengeluarkan terobosan-terobosan melalui kebijakan yang bagus dan pro untuk masyarakat petani Indonesia. Meski petani sekarang sudah banyak beralih ke pertanian modern, namun peran pemerintah dan turut campur pemerintah sangatlah dibutuhkan demi kemajuan pertanian Indonesia kedepannya. Jadi, bila semua stakeholder mau maka kondisi pertanian 2017 ini sedikit banyaknya akan mengalami kemajuan dibandingkan dengan tahun 2016 lalu. Meskipun, tingkat kemajuan yang diperoleh masih berkategori kecil, namun tetap menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk mendukung dan mempraktikan pengetahuan dan sumber daya kita ke arah yang lebih maju.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini, sedikit banyaknya dapat menimbulkan hasrat kita bersama untuk mencari cara bagaimana memajukan dunia pertanian atau agroteknologi pertanian Indonesia agar masyarakat petani lebih sejahtera lagi dari sebelumnya. Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul forum petani dan komunitas masyarakat petanian Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar