Sabtu, 23 Januari 2016

Teknik Bisnis Usaha Modal Kecil Bisa Kuasai Pasar Ritel Modern

Peran serta bisnis usaha modal kecil dalam menggerakkan laju roda perekonomian pasar global sudah tidak dipandang sebelah mata oleh para pebisnis menengah ke atas. Lihat saja, sudah banyak produk usaha kecil yang sudah memasuki dan menguasai pasar ritel modern di Indonesia. Produk-produk yang dihasilkanpun tidak kalah bersaing, bagi kualitas maupun kuantitas dan atau cita rasanya. Inilah salah satu stimulus positif, sehingga banyak kaum muda yang menggeluti bisnis meskipun modal usaha (dana) yang dimilikinya sangat kecil (minim).

Tips, Cara Dan Teknik Bisnis Usaha Modal Kecil Dapat Kuasai Pasar Ritel Modern

Anda mungkin bertanya, berapakah modal uang yang dibutuhkan untuk membangun dan atau memulai bisnis usaha modal kecil ini? Secara teori, memang tidak ada patokan berapa anggaran yang dibutuhkan, namun kita harus terlebih dahulu mereview beberapa faktor yang berkaitan dengan usaha yang akan dibuat, berapa orang tenaga kerja yang dibutuhkan, alat-alat kerja yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Misalnya untuk menjadi seorang “sub-agen penjual tiket online untuk pesawat terbang”, kami rasa dengan modal 2-3 juta rupiah sudah bisa memulai usaha ini. Atau juga sebagai agen penjualan pulsa elektronik. Atau juga anda bisa memilih untuk menjadi agen penjualan satu buah produk bubuk kopi tradisional yang akan didistribusikan ke pasar ritel modern yang ada disekitar tempat anda tinggal. Atau mungkin ada bisnis usaha modal kecil lainnya yang tidak terlalu banyak membutuhkan modal dan tenaga kerjanyapun cukup dilakukan oleh 1, 2 dan 3 orang saja.

Diatas, kami ada menyinggung sedikit tentang bisnis usaha modal kecil dengan menjadi agen penjualan produk bubuk kopi tradisional ke pasar ritel modern. Alasan kami memilih usaha ini untuk dibahas lebih lanjut disebabkan ada tantangan dan keunikan tersendiri didalamnya, dimana usaha bisnis ini menggabungkan teknik berniaga ala pasar ritel tradisional dan ala pasar ritel modern.

Ada 2 buah teknik yang harus anda pelajari terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini, yaitu dengan melihat dan memastikan ketersediaan produk dan melihat kondisi pasar. Nah dikesempatan ini, kami akan menjelaskan sedikit tentang memulai bisnis usaha modal kecil dengan melihat kondisi pasar terlebih dahulu. Karena bagi kami bisnis usaha itu adalah bagaimana cara memasarkannya. Jadi hal pertama yang harus dilihat adalah pasar dan kuasai. Dengan sudah mengetahui kondisi pasar, maka selanjutnya akan lebih mudah. Bukan sebaliknya seperti yang kebanyakan dilakukan oleh usaha kecil saat ini yang hanya fokus pada produk, sehingga kesulitan dalam hal melakukan pemasaran.

Khusus untuk memasukan produk kopi bubuk ke pasar ritel modern, kita harus kuasai dan pahami terlebih dahulu sistem penjualannya. Misalnya dengan mempelajari bagaimana menyusun Purchase Order (PO) hingga bagaimana cara penagihan yang akan dilakukan pada satu pasar ritel. Setelah itu, baru kita bisa memulai mengirimkan produk yang akan kita pasarkan. Tapi yang perlu diingat, bahwa tiap pasar ritel itu berbeda-beda sistemnya, sehingga hal itulah yang harus kita pelajari. Bila sudah paham, maka dengan begitu tidak hanya kemudahan saja yang akan diperoleh, tapi juga keuntungan besar dan cepat bisa diperoleh.

Khusus untuk internal usaha, anda juga harus berusaha mempelajari Prosedur Operasional Standar (POS), misalnya dengan belajar dari seseorang para pelaku usaha kecil dan menengah atau juga bisa belajar melalui tutorial yang diberikan dan ditulis oleh para penulis artikel online yang ada diinternet. Semuanya itu adalah demi untuk memajukan dan mengembangkan usaha yang sedang anda bangun/rintis.

Bila setelah anda analisa, semuanya sudah mantap atau ok, jangan lupa untuk menciptkan sendiri nama brand produk bubuk kopi yang akan anda pasarkan di pasar ritel modern. Trade made ini sangat penting untuk menciptakan brand usaha anda sendiri, misalnya anda memilih nama “silarang coffe” pada kemasan produk bubuk kopi, atau juga bisa memilih nama lain.

Nah, disamping itu bila telah tercipta merek kopi anda tersebut, maka sedikit banyaknya orang mengetahui dan cepat mengenal produk bubuk kopi yang berasal dari nama usaha kecil anda. Bila sudah mulai berkembang, anda bisa menggunakan atau menempatkan seorang sales promotion girl (SPG) di pasar ritel modern tersebut, dengan maksud dan tujuan untuk menjelaskan cita rasa dari produk kopi milik anda. Nah, bila terus berkembang, anda bisa memikirkan untuk membangun pabrik kopi kecil-kecilan untuk menjamin ketersediaan produk.

Satu hal yang terpenting, agar anda selalu mengkedepankan pendekatan kekeluargaan kepada semua orang yang berhubungan dengan usaha kecil anda, baik dengan pekerja, rekan bisnis dan orang-orang yang ada disekitar tempat ada melakukan aktifitas (kantor) usaha kecil anda untuk menciptakan animo terhadap merek dagang usaha kopi anda.

Khusus untuk hal promosi, tidak ada salahnya anda untuk memikirkan dan melakukan atau membuat iklan, misalnya dengan menyebarkan brosur atau dengan menyewa “jasa pasang iklan online” melalui web-web yang ramai pengunjungnya untuk memperkenalkan dan atau meningkatkan popularitas merek dagang kopi milik anda. Tapi usahakan, budget pengeluarannya sesuai dengan kemampuan keuangan anda, misalnya dengan memilih jasa pasang iklan murah. Nah, bila terus berkembang ada bisa selanjutnya untuk memikirkan membuat satu buah website, sebagai lapak toko online tempat anda untuk memperkenalkan produk dan atau menjual produk secara online.

Itulah sedikit penjelaskan kami tentang teknik membangun bisnis usaha modal kecil agar bisa kuasai pasar ritel modern, mudah-mudahan kesuksesan selalu menyertai usaha kecil anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar