Peran serta bisnis usaha modal kecil dalam menggerakkan laju roda
perekonomian pasar global sudah tidak dipandang sebelah mata oleh para pebisnis
menengah ke atas. Lihat saja, sudah banyak produk usaha kecil yang sudah
memasuki dan menguasai pasar ritel modern
di Indonesia. Produk-produk yang dihasilkanpun tidak kalah bersaing,
bagi kualitas maupun kuantitas dan atau cita rasanya. Inilah salah satu stimulus positif, sehingga
banyak kaum muda yang menggeluti bisnis meskipun modal usaha (dana) yang
dimilikinya sangat kecil (minim).
Anda mungkin bertanya, berapakah modal uang
yang dibutuhkan untuk membangun dan atau memulai bisnis usaha modal kecil ini?
Secara teori, memang tidak ada patokan berapa anggaran yang dibutuhkan, namun
kita harus terlebih dahulu mereview beberapa faktor yang berkaitan dengan usaha
yang akan dibuat, berapa orang tenaga kerja yang dibutuhkan, alat-alat kerja
yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Misalnya untuk menjadi seorang “sub-agen penjual tiket online untuk pesawat terbang”, kami rasa dengan modal 2-3 juta rupiah
sudah bisa memulai usaha ini. Atau juga sebagai agen penjualan pulsa
elektronik. Atau juga anda bisa memilih untuk menjadi agen penjualan satu buah
produk bubuk kopi tradisional yang akan didistribusikan ke pasar ritel modern yang ada disekitar tempat anda tinggal.
Atau mungkin ada bisnis usaha modal kecil lainnya yang tidak terlalu banyak
membutuhkan modal dan tenaga kerjanyapun cukup dilakukan oleh 1, 2 dan 3 orang
saja.
Diatas, kami ada menyinggung sedikit tentang bisnis
usaha modal kecil dengan menjadi agen
penjualan produk bubuk kopi tradisional ke pasar ritel modern. Alasan
kami memilih usaha ini untuk dibahas lebih lanjut disebabkan ada tantangan dan
keunikan tersendiri didalamnya, dimana usaha bisnis ini menggabungkan teknik
berniaga ala pasar ritel tradisional dan ala pasar ritel modern.
Ada 2 buah teknik yang harus anda pelajari
terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini, yaitu dengan melihat dan memastikan
ketersediaan produk dan melihat kondisi pasar. Nah dikesempatan ini, kami akan
menjelaskan sedikit tentang memulai bisnis usaha modal kecil dengan melihat
kondisi pasar terlebih dahulu. Karena bagi kami bisnis usaha itu adalah
bagaimana cara memasarkannya. Jadi hal pertama yang harus dilihat adalah pasar
dan kuasai. Dengan sudah mengetahui kondisi pasar, maka selanjutnya akan lebih
mudah. Bukan sebaliknya seperti yang kebanyakan dilakukan oleh usaha kecil saat
ini yang hanya fokus pada produk, sehingga kesulitan dalam hal melakukan
pemasaran.
Khusus untuk memasukan produk kopi bubuk ke
pasar ritel modern, kita harus kuasai dan pahami terlebih dahulu sistem
penjualannya. Misalnya dengan mempelajari bagaimana menyusun Purchase Order (PO) hingga bagaimana
cara penagihan yang akan dilakukan pada satu pasar ritel. Setelah itu, baru kita bisa memulai mengirimkan
produk yang akan kita pasarkan. Tapi yang perlu diingat, bahwa tiap pasar ritel
itu berbeda-beda sistemnya, sehingga hal itulah yang harus kita pelajari. Bila
sudah paham, maka dengan begitu tidak hanya kemudahan saja yang akan diperoleh,
tapi juga keuntungan besar dan cepat bisa diperoleh.
Khusus untuk internal usaha, anda juga harus
berusaha mempelajari Prosedur Operasional
Standar (POS), misalnya dengan belajar dari seseorang para pelaku usaha
kecil dan menengah atau juga bisa belajar melalui tutorial yang diberikan dan
ditulis oleh para penulis artikel online
yang ada diinternet. Semuanya itu adalah demi untuk memajukan dan mengembangkan
usaha yang sedang anda bangun/rintis.
Bila setelah anda analisa, semuanya sudah
mantap atau ok, jangan lupa untuk menciptkan sendiri nama brand produk bubuk
kopi yang akan anda pasarkan di pasar ritel modern. Trade made ini sangat penting untuk menciptakan brand usaha anda
sendiri, misalnya anda memilih nama “silarang
coffe” pada kemasan produk bubuk kopi, atau juga bisa memilih nama
lain.
Nah, disamping itu bila telah tercipta merek kopi anda tersebut, maka
sedikit banyaknya orang mengetahui dan cepat mengenal produk bubuk kopi yang
berasal dari nama usaha kecil anda. Bila sudah mulai berkembang, anda bisa
menggunakan atau menempatkan seorang sales
promotion girl (SPG) di pasar ritel modern tersebut, dengan maksud dan
tujuan untuk menjelaskan cita rasa dari produk kopi milik anda. Nah, bila terus
berkembang, anda bisa memikirkan untuk membangun pabrik kopi kecil-kecilan
untuk menjamin ketersediaan produk.
Satu hal yang terpenting, agar anda selalu
mengkedepankan pendekatan kekeluargaan kepada semua orang yang berhubungan
dengan usaha kecil anda, baik dengan pekerja, rekan bisnis dan orang-orang yang
ada disekitar tempat ada melakukan aktifitas (kantor) usaha kecil anda untuk
menciptakan animo terhadap merek dagang usaha kopi anda.
Khusus untuk hal promosi, tidak ada salahnya
anda untuk memikirkan dan melakukan atau membuat iklan, misalnya dengan
menyebarkan brosur atau dengan menyewa “jasa pasang iklan online” melalui
web-web yang ramai pengunjungnya untuk memperkenalkan dan atau meningkatkan
popularitas merek dagang kopi milik anda. Tapi usahakan, budget pengeluarannya
sesuai dengan kemampuan keuangan anda, misalnya dengan memilih jasa pasang iklan murah. Nah,
bila terus berkembang ada bisa selanjutnya untuk memikirkan membuat satu buah
website, sebagai lapak toko online
tempat anda untuk memperkenalkan produk dan atau menjual produk secara online.
Itulah sedikit penjelaskan kami tentang teknik membangun bisnis usaha modal
kecil agar bisa kuasai pasar ritel modern, mudah-mudahan kesuksesan
selalu menyertai usaha kecil anda.
Semoga artikel ini
bermanfaat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar