Minggu, 01 November 2015

Seo Natural CMS Blogspot Tenaga Dasar Dunia Visitor Online

“Seo natural cms blogspot / blogger tenaga dasar dunia online”. Seo telah dipergunakan oleh kaum webmaster sebagai dasar untuk mendatangkan visitor dari search engine google. Banyak para web master yang telah merasakan kedasyatan seo memanggil dan mendatangkan visitor sebanyak-banyaknya ke sebuah situs. Seo (Search Engine Optimization) sebagaimana kita fahami bersama adalah merupakan suatu proses yang acap kali dipergunakan oleh para web master untuk meningkatkan atau mengoptimalkan kedatangan jumlah pengunjung ke blog / website dengan cara meraih peringkat yang lebih tinggi di hasil index halaman search engine (SERP) google. Dimana dengan diraihnya hasil yang semakin tinggi serp suatu blog, maka semakin besar pula peluang kemungkinan untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang tanpa batas. Namun tidak segampang itu, karena persaingan yang dilakukan oleh para webmaster senantiasa sangat ketat untuk saling berebut tempat pada posisi di halaman satu (utama) layanan mesin pencari.

Banyak orang beranggapan bahwa apabila telah memasang teknik tools seo (Search Engine Optimizer), maka sudah langsung bermimpi akan mendapatkan posisi halaman 1. Pandangan dan anggapan ini adalah salah total. Karena meskipun seo telah terpasang di blog anda, bukanlah merupakan suatu jaminan bahwasanya blog anda akan langsung meraih peringkat tertinggi, karena penggunaan seo itu sendiri berkaitan dengan faktor-faktor lainnya, seperti pemilihan domain website, target kata kunci, artikel / konten, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya, seo itu adalah merupakan pelaku, alat, dan elemen yang dapat dipergunakan untuk membantu meningkatkan peringkat SERP blog / website anda.
Seo Tips Untuk Blogger Blogspot
Setiap blog / website, khususnya yang memakai sistem cms blogspot memiliki banyak elemen yang sangat mempengaruhi kualitas blog yang bersangkutan dipersaingan kata kunci serp google. Disamping itu juga ada memiliki template / theme, basic code, serta berbagai macam elemen lain yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, sehingga usaha meningkatkan seo antara blog yang satu dengan yang blog lainnya pun tidak sama dan sebangun.

Dalam cms blogspot dilengkapi dengan berbagai elemen dasar HTML, Javascript, dan CSS, yg menurut pendapat para ahli blogger masih mempunyai titik-titik kelemahan. Meskipun dalam urusan optimasi seo, anda masih dapat menggunakan plugin seo yang berbasis Javascript, namun tetap saja efek yang dihasilkannya tidak signifikan dalam mendongkrak popularitas di persaingan serp google. Meskipun demikian, blogspot masih mempunyai kelebihan bila dibandingkan dengan sistem cms lainnya (misalnya wordpress), dimana dalam cms blogspot kita bisa melakukan modifikasi / hack / rekayasa ataupun uji coba tanpa batas larangan, baik pada urusan desain blog maupun dalam rangka meningkatkan kualitas seo blogspot.

Terlepas dari faktor kelebihan ataupun kekurangan (kelemahan) yang dimiliki sistem cms blogspot, untuk urusan seo yang bersifat organik seo (natural seo) masih dapat dimanfaatkan secara maksimal di blogspot, karena dengan mempergunakan teknik organik seo inilah anda dapat memberikan efek seo yang lebih baik di blogspot.
Seo On Page Yang Baik Dan Efektif Bagi Blogger Blogspot
Berikut akan kami jelaskan tentang organik seo untuk meningkatkan daya saing blogspot di seluruh layanan mesin pencari, yang uraiannya adalah sebagai berikut:

1. Pilihlah template / theme yang seo friendly dan mobile.
Suatu blog tidak terlepas dari yang namanya design layout (tata letak). Tata letak blog yang tidak dikelolah dengan baik akan membuat para pengunjung bosan dan tidak mau berlama-lama berada di blog anda (alias langsung hengkang / pergi ke blog yang lain). Disamping itu, sebuah website yang tampilan template / theme tampak hebat dan woouw, tidak merupakan jaminan dan bahkan bila dilihat dari sudut pandang seo bisa saja sangat lemah, ataupun sebaliknya.

Oleh karena itu, bila ingin unggul di mesin pencari, maka langkah yang bijak adalah dengan memilih template blogger yang seo friendly. Template yang seo friendly ini, sudah banyak tersedia di blogspot secara gratis. Meskipun diberikan secara gratis, namun template ini memiliki kualitas premium yang telah disisipi modifikasi seo yang baik. Dan jangan lupa pilihlah template blogspot yang 100% bisa diakses melalui jaringan mobile (wap), karena pada saat ini pengguna internet didominasi oleh para pengguna gadget mobile pintar yang berbasis android, iphone, ipad, tablet dan lain sebagainya. Sehingga, blog anda tidak akan kehilangan visitor yang mungkin datang dengan mempergunakan alat komunikasi gemgam yang canggih.

2. Pasang meta tags di blog anda
Ada banyak jenis meta tag yang dipergunakan dalam ilmu seo, namun yang paling sering dan lazim dipergunakan adalah pada meta description. Meta description ini berisikan segala sesuatu deskripsi yang berkaitan dengan isi blog / website dan juga meta key (meta kata kunci). Meta keyword adalah segala sesuatu katakunci yang anda pergunakan yang berkaitan dengan isi blog / website secara keseluruhan. Meta key ini sangat berfungsi ketika kita hendak menargetkan satu atau beberapa kata kunci yang akan kita tanamkan dalam sebuah artikel / konten yang akan kita posting di blog. Selain itu ada juga meta author, yaitu berisi nama penulis (admin blog) atau juga bisa berisikan nama institusi / perusahaan, namun meta author ini sangat jarang sekali dipakai untuk meningkatkan kemampuan seo.

3. Optimasi keyword pada title / judul blog anda
Optimasi seo ini sangat sering dipergunakan oleh para webmaster, yaitu dengan cara memadatkan judul blog yang anda miliki dengan mempergunakan keyword-keyword yang menjadi target dalam rangka memperbesar kepadatan penggunaan keyword yang bersifat keyword density suatu blog.

Pada sistem cms blogspot, dapat dilakukan dengan mengedit judul blog melalui Dashboard => Design / Rancangan => Lalu edit pada header, isi dengan judul yang diinginkan anda targetkan keywordnya dan save.

4. Letakkan judul posting di depan nama blog anda
Pada template blogger standar (belum di modifikas / hack), maka biasanya nama blog berada di depan judul posting. Pada posisi seperti ini, dapat mengurangi tingkat akurasi dan kepadatan keyword yang anda gunakan, serta sering kali mesin pencari akan langsung melakukan pemotongan judul artikel postingan pada bahagian belakang tulisan. Apalagi jika judul tulisan yang akan telah diposting sangat panjang, menyebabkan calon pengunjung atau pembaca jadi tidak mengerti poin keseluruhan dari artikel yang anda buat.

5. Maksimalkan keyword yang padat dan efektif di dalam posting blog anda
Jangan salah mengerti ya masbro sista, maksudnya disini bukan berarti dianjurkan agar membuat keyword sebanyak-banyaknya pada postingan tulisan anda. Melainkan adalah agar mengatur letak / posisi keyword yang anda targetkan sebelumnya dipergunakan dengan menggunakan keyword dan frase kata yang tepat dan baik, serta tidak menggunakan terlalu banyak kata yang mubajir dan bertele-tele. Misalnya, hindari kata-kata seperti ini: "Dalam pada posting kali ini...", dan sebagainya.

6. Percepat waktu akses loading (load time) blog anda
Masalah loading ini, sering kali tidak dijadikan sebagai pertimbangan utama untuk memaksimalkan penggunaan seo yang baik. Google sendiri telah memberlakukan hukuman (penalti) terhadap blog / website yang terlalu berat dan lama untuk diakses. Hal ini adalah wajar, mengingat waktu yang dibutuhkan oleh spider saat melakukan kegiatan crawling dan mengumpulkan informasi menjadi lebih lama dan lambat.

Ada beberapa hal yang menghambat loading suatu blog / website, yaitu:
- terlalu banyaknya file javascript yang dipergunakan (biasanya pada penggunaan widget banyak);
- terlalu besarnya dan banyaknya file-file gambar yang dipergunakan atau diletakkan di blog anda;

Nah, dengan lambatnya akses ke blog kita, maka pengunjung akan kerepotan, karena harus menunggu loading yang lama lagi, apalagi bagi pengunjung (visitor) yang mempunyai koneksi internetnya sedikit rada lemot.

7. Percepat proses index search engine terhadap blog anda
Pengindeksan yang cepat menunjukkan bahwasanya blog anda telah dikenal dengan baik oleh search engine. Hal ini tentu saja akan memberikan nilai positif dalam mempercepat seo suatu artikel yang telah anda posting, karena anda tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama dan pengunjung pun bisa segera menemukannya di search engine. Namun, meskipun blog anda terindex sangat cepat di mesin pencari, hal ini bukanlah merupakan sebuah jaminan bahwa artikel postingan yang telah anda buat akan berada dalam index halaman utama, melainkan hal ini adalah merupakan langkah awal yang baik dari keseluruhan proses seo yang telah anda kerjakan.

8. Link building blog
Langkah melakukan link building yang baik dan efeksi adalah merupakan poin paling penting dalam seo. Link building adalah sutu proses untuk menciptakan inbound link (link yang mengarah ke blog / website), yaitu mendapatkan backlink dari blog / website sahabat blogger yang lain.

Link building dapat dilakukan dengan cara:
- membuat reciprocal link pada direktori / social bookmark (yang mensyaratkan reciprocal link);
- saling bertukar link dengan blog / website lainnya;
- mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark / direktori;
- melakukan komentar di blog / website lain dengan meninggalkan link dengan anchor text di form komentator (dikenal dengan sebutan blogwalking), karena hal ini akan diperhatikan google saat melakukan crawling.
Seo Top Untuk Mendatangkan 1000 Visitor Perhari
Namun, satu hal yang harus tetap kita perhatikan, bahwa tujuan dari link building itu sendiri adalah untuk mendapatkan backlink aktif yang berkualitas dalam rangka meningkatkan pagerank blog anda, karenanya janganlah dilakukan secara brutal atau serampangan dengan maksud dan tujuan agar backlink yang mengarah ke blog kita cepat banyaknya. Bila hal ini terjadi, maka google akan menilai blog anda sebagai blog yang berkategori “tidak wajar” dan tidak bersifat natural (alami) dalam mendapatkan backlink. Berdasarkan pendapat para ahli seo, backlink yang baik dan efektif yang bisa kita peroleh setiap harinya, berkisar antara 5-10 backlink.

Nah, bila anda telah banyak mendapatkan backlink yang berkualitas, maka semakin banyak pula traffic yang akan anda peroleh, serta semakin tinggi pula nilai kepentingannya dimata search engine, sehingga spider pun akan rutin melakukan crawling blog anda. Dengan kata lain, link building ini dapat menambah kredibilitas dan popularitas suatu blog / website dimata mesin pencari.

Kami akhiri tulisan ini, dengan harapan semoga bisa bermanfaat bagi para blogger yang membutuhkan informasi tentang seo.


Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar